Bagaimana Efisienkan Waktu? Simak 5 Cara Ini!

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Belum sempet nih! atau Gak ada waktu! Hayoo, seberapa sering sih kalimat itu muncul atau keluar dari mulut kita sendiri ketika dituntut harus melakukan sesuatu yang lebih baik.

Coba lihat di sekeliling kita, kamar, toilet, kendaraan, atau barang dan benda apa pun yang melekat pada kita, apakah kita melihatnya sudah cukup rapi, bersih, atau teratur?

Tanpa kita sadari, sebenarnya mungkin kita hanya tenggelam dalam kesibukan semu yang membuat kita merasa selalu tak sempat untuk melakukan banyak hal efektif.

Okay, kuncinya adalah organisasi! Bagaimana waktu yang kita punya ini bisa dimanfaatkan lebih efisien. Mari simak tips sederhana berikut, agar anda lebih relaks menjalani berbagai pekerjaan.

Apa sebab buruknya pengelolaan waktu anda?

waktu efisien
Dok. wikihow

Mengapa anda merasa kacau atau hidup anda semrawut? Bagi sebagian orang, jadwal yang sibuk memang agaknya membuat waktu kadang tidak bisa dikelola efisien. Tapi bagi sebagian lain, kurangnya motivasi bisa jadi menjadi penyebab. Untuk mulai mengatur hidup, maka anda pun harus mulai tahu penyebabnya dan segera buat keputusan untuk mengubahnya.

Pertimbangkan apa yang perlu diprioritaskan

Bagaimana Membuat Waktu Lebih Efisien? Simak 5 Cara Ini!
Dok. wikihow

Daripada anda berkata “everything”, coba jabarkan 3 hal spesifik dalam hidup yang anda nilai paling rumit selama ini? Fokus pada satu dulu, pelan-pelan anda bisa beralih ke hal lainnya. Pertimbangkan keterampilan yang anda miliki, untuk menyelesaikan berbagai tugas. Pastikan anda memiliki keseimbangan dalam menjalaninya antara kerja dan hubungan sosial.

Tandai kalender anda

Bagaimana Membuat Waktu Lebih Efisien? Simak 5 Cara Ini!

Jika anda punya jadwal yang sibuk (atau mungkin tidak), belilah sebuah kalender (atau maksimalkan kalender di gadget) yang bisa anda bawa kemana pun. Luangkan waktu sejenak untuk menandai agenda dan acara pertemuan penting secara teratur di kalender tersebut Pastikan pula, settingan reminder agar anda tidak lupa.

Siapkan organized book

Bagaimana Membuat Waktu Lebih Efisien? Simak 5 Cara Ini!

Meski zaman sekarang hampir seluruh kegiatan kita pasti ditopang oleh kecanggihan teknologi, namun membawa sebuah buku secara fisik dan menuliskan secara manual aktivitas harian kita sebetulnya lebih meninggalkan memori yang lebih kuat di kepala. Simpanlah organizer agenda anda di tempat yang mudah anda ingat, dan masukkan dalam tas atau pouch yang biasa dibawa, sehingga anda mudah membawanya kemana pun.

Buat “to do list”

Bagaimana Membuat Waktu Lebih Efisien? Simak 5 Cara Ini!

Membuat to do list, agaknya mirip dengan menggunakan sebuah organizer agenda untuk jadwal aktivitas anda. Namun, hal ini setidaknya bisa membuat hari anda jadi lebih mudah, dan lebih teratur. Buat to do list dengan arah yang jelas, dan tugas-tugas penting lainnya. Buat checklist setiap pekerjaan yang sudah selesai. Cara yang mungkin sederhana ini bisa membantu anda lebih produktif.

Sumber: wikihow.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.