9 Keunggulan Bahan Kulit Sapi Asli untuk Produk Fesyen

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Kulit merupakan salah satu material yang telah lama digunakan sebagai bahan pembuat pakaian dan aksesoris, bahkan jauh sebelum industri fesyen semaju sekarang. Material kulit banyak digunakan di semua era, termasuk telah melintasi aneka ragam budaya. Kulit menjadi salah satu material terbaik yang pastinya nyaman dan tahan lama digunakan pada ragam aksesoris fesyen.

Jika dulu, anda merasa sulit mendapat tas atau produk-produk berbahan kulit asli dengan harga terjangkau, di masa kini anda bisa menemukan ragam brand lokal buatan tangan pengrajin Indonesia dengan ragam desain pilihan yang sesuai dengan karakter anda, tentu saja dengan harga yang lebih terjangkau dibanding brand-brand luar negeri. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan bahan kulit asli;

Tahan lama

Mengapa harga produk aksesoris fesyen berbahan kulit asli begitu mahal? Ya, salah satu keuntungannya adalah karena kulit merupakan material yang tahan lama dan berkualitas tinggi. Secara umum, para produsen kulit selalu berupaya membuat bahan-bahan kulit itu semakin kuat, resisten, dan tahan lama. Meski harganya lebih mahal, anda bisa pastikan bahwa bahan kulit akan bertahan hingga beberapa tahun dan masih tetap terlihat bagus.

Tak lekang oleh waktu

Berbicara soal tahan lama, material kulit juga tak lekang oleh waktu. Produk bermaterial kulit selalu gaya dan menandakan bahwa si pemakainya adalah orang yang mapan dan berpendirian kuat.

Elegan

Tak bisa dimungkiri, bahan kulit asli juga bisa menandakan sisi elegan si pemakainya. Baik dari warna natural atau telah melalui teknik pewarnaan, kulit asli selalu mampu menampilkan tingkat kualitas memadai, seperti apa pun desainnya. Kulit asli selalu terlihat menawan, mengindikasikan kualitas, apresiasi, elegansi, kealamian, kekuatan bahkan kepercayaan diri yang tinggi. Selain dari sisi nilai, kulit asli juga tidak mudah tergores, sehingga  bahan kulit asli selalu siap digunakan apa pun.

Alamiah

Kulit asli merupakan bahan alami di mana sebagai manusia kita pun butuh bersentuhan dengan obyek yang alamiah ketika menjadi sebuah produk. Bahan –bahan yang diolah secara kimiawi terkadang membuat kulit manusia sensitif atau gatal dan bahkan membuat si pemakainya kurang nyaman.

Kuat

Selain tahan lama, kulit asli juga mampu mempertahankan kualitas dari waktu ke waktu. Kulit asli memiliki kekuatan untuk bertahan terhadap abrasi, api, dan bahkan tahan air. Tak seperti bahan baku lainnya, kulit asli juga tahan terhadap serangan debu dan jamur karena bahan ini mampu bernapas. Inilah salah satu keunikan bahan kulit asli yang digunakan untuk aksesoris atau pakaian.

Fleksibel

Banyak orang mengatakan, bahwa tekstur kulit asli sangat keras seperti kayu saat pertama kali diproses sebagai produk. Tapi, tak perlu khawatir karena seiring berjalannya waktu, bahan kulit asli akan semakin fleksibel, namun tetap pada bentuknya.

Kulit asli mahal?

Banyak orang menganggap bahwa produk kulit asli sangat mahal. Namun, asal anda tahu bahwa harga yang anda bayarkan sangat sebanding dengan kualitas yang anda dapat. Misalnya saja, anda membeli produk kulit asli sebesar Rp 1juta, tapi produk tersebut dapat bertahan lebih dari 5 tahun. Artinya, anda tak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli lagi produk baru selama 5 tahun itu, kecuali jika anda merasa cepat bosan.

Ramah lingkungan

Sebagai bahan natural, kulit asli memiliki kelebihan sebagai bio-degradable. Meski, terkadang bahan kulit juga menggunakan bahan kimia untuk penyamakan, namun tidak bisa dibandingkan dengan penggunaan kimia untuk produk sintetis. Meski, dunia fesyen kerap dituduh melakukan proses produksi yang kejam terhadap lingkungan, nyatanya memiliki produk kulit asli adalah cara untuk tampil ramah lingkungan sekaligus gaya.

Wangi

Jika anda jeli, kulit asli memiliki bau yang khas dan nyaman. Beda halnya, jika anda membeli produk sintetis. Bau khas produk kulit asli juga tetap enak meski bercampir dengan parfum.  Bagaimana anda siap merasakan sensasi menggunakan produk kulit asli?

*berbagaisumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.