8 Inovasi Kuliner Paling Hits di Indonesia

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Bagi anda para foodie sejati, menikmati makanan-makanan lezat dengan inovasi beragam tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Kuliner adalah salah satu bidang industri kreatif yang tak pernah mati suri untuk terus dikembangakan dari sisi cara pengolahan sampai penyajian yang inovatif.

Dalam beberapa tahun terakhir, tentu kita banyak menyaksikan ragam inovasi kuliner yang mampu menarik minat pasar untuk mencoba. Inovasi ini pun tampaknya akan terus berlanjut hingga di masa mendatang.

Terlebih, dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang gemar mencoba hal-hal baru. Berikut adalah beberapa bentuk kreativitas dalam bidang kuliner yang mencoba menyajikan hal berbeda dari sebelumnya.

1. Black burger & hotdog

black burger
Qraved.com

Meski bukan makanan khas Indonesia, baik burger dan hotdog rasanya sudah cukup lama melekat sebagai tren camilan sehari-hari masyarakat kita. Sejak masifnya penyebaran resto-resto cepat saji dari luar negeri sejak puluhan tahun lalu, makanan roti dengan campuran daging, sosis serta sayuran ini pun tetap abadi digemari banyak orang.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kalangan foodies sedang dimanja dengan salah satu inovasi burger dan hotdog berwarna hitam. Warna hitam yang terdapat pada burger atau hotdog ini pun alami, campuran wijen hitam atau buah kluwek. Meski, saat ini sudah banyak para pengusaha kuliner yang membuatnya, tetap saja ini adalah salah satu inovasi kuliner yang cukup berhasil dilakukan di sini.

2. Bakso kelapa

bakso kelapa
dok.Rappler

Kudapan dari olahan daging sapi berbentuk bulat ini sangat digemari berbagai kalangan, tak heran tingkat kompetisi yang tinggi membuat para pelaku usaha di bidang ini terus berpikir dan berkreativitas. Dari mulai membuat bakso dengan campuran keju di dalamnya, sampai melakukan penyajian berbeda dari yang lain. Nah, jika anda biasanya makan bakso di mangkok, mungkin anda perlu mencoba sajian bakso di dalam batok kelapa. Hmmm, gimana ya kira-kira rasanya? Penasaran, anda bisa langsung mengunjungi Parakan Sentra Kuliner di Jalan Parakan Saat, Bandung Jawa Barat.

3. Mie instan topping

kuliner
sumber: pegipegi

Siapa yang nggak suka mie instan? Makanan legendaris sejak era 1970-an, ini memang disukai hampir setiap generasi, dari mulai orang dewasa bahkan anak kecil. Selain praktis dimasak, mie instan juga memiliki rasa yang nikmat dan gurih. Meski bukan kudapan baru, belakangan terakhir muncul beberapa warung makan yang kemudian menjadikan mie instan sebagai menu utama yang dikemas lebih modern dengan aneka topping.

Sebut saja, Warunk Upnormal yang menyasar kelompok anak muda, menyediakan aneka menu mie instan varian chicken chilli, rendang, saos telur asin, sampai bolognase khas Italia. Inovasi ini pun cukup berhasil menyita perhatian publik, mengingat para pengunjung bisa menikmati mie instan di mana bukan lagi sebagai kudapan murah meriah, melainkan sudah naik level.

 

3. Es krim nitrogen

kuliner
sumber: instagram.com/ronslaboratory

Siapa di antara kita gak suka es krim? Kudapan penutup yang disukai berbagai kalangan ini pun tak luput dari inovasi para kreator dan pelaku bisnis. Misalnya saja, pembuatan es krim menggunakan nitrogen cair yang super dingin dengan suhu minus 196 C. Kelebihan es krim ini adalah teksturnya lebih creamy dan padat dibanding es krim pada umumnya. Selain itu, es krim dengan teknik pembuatan ini juga lebih segar karena langsung dikonsumsi, tidak seperti es krim umumnya yang sudah dibekukan di lemari pendingin.

4. Sop & aneka camilan durian

pancake durian

Di masa lalu, buah duren hanyalah sebuah duren. Bagi sebagian orang, duren adalah buah dengan bau menyengat yang nikmat. Berkat kreativitas beberapa pelaku usaha, buah duren kini mampu diolah dan disajikan dalam beragam bentuk makanan. Contohnya, sop duren, pancake, bahkan risoles.

Maka, tak heran jika saat ini banyak orang berlomba ingin menjajakan usaha makanan olahan duren ini. Hmmm, kira-kira setelah duren, buah apa lagi nih yang bisa dijadikan ide usaha makanan olahan lainnya ya?

5. Brownies mocaf

brownies mocaf

Orang mengenal brownies sebagai salah satu kue dengan ciri khas bantet. Bagi pemula, membuat brownies tentu hal yang paling mudah dilakukan.Namun, jika selama ini kita hanya mengenal brownies yang terbuat dari tepung terigu mungkin sudah waktunya anda mencoba brownies rasa tepung mocaf (singkong). Selain rasanya tak kalah enak dan dari sisi kesehatan cenderung lebih baik, kita juga bisa mendukung eksistensi sumber pangan lokal.

7. Bento karakter kartun

bento kartun

Bagi anda yang memiliki anak-anak yang sulit makan, pastinya bento bisa menjadi penyelamat anda. Bento sendiri adalah sebutan untuk boks makan siang bagi masyarakat Jepang. Bermodal kreativitas, banyak para pengusaha kuliner Tanah Air yang menjajaki usaha ini. Bento pun dikreasikan dengan bermacam bentuk, salah satunya karakter kartun, sehingga menggugah selera makan tak hanya anak-anak, bahkan juga orang dewasa.

8. Es Kopi Kulo

kopi kulo

Terbaruuu!!  Di tengah makin maraknya bisnis kedai kopi di Tanah Air, kopi kulo membawa menu yang terbilang cukup unik. Salah satunya yang menjadi andalan adalah Avocatto, yakni kombinasi espresso+ alpukat + es krim.  Dengan konsep kedai coffee to go, ternyata tak menyurutkan minat banyak orang untuk mengantre dan mencoba varian kopi mereka.

Bahkan, mereka terus menambah gerai-gerai di sejumlah kota besar. Bagi saya yang bukan penggemar kopi, menu kombinasi semacam ini memang cukup menggoda. Pahit espresso yang berpadu dengan manisnya alpukat dan es krim, mampu memberi sensasi kesegaran tersendiri.

Anda punya pilihan kuliner lainnya? Jangan sungkan berbagi di sini  yah 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published.