7 Tips Mengambil Keputusan Saat Bingung

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

tips ambil keputusan saat bingung

Sebagai kaum urban, setiap harinya tentu kita selalu dihadapkan pada berbagai pilihan dan harus membuat keputusan. Kita semua terlahir sebagai pengambil keputusan, dan sering kali kita harus mengambil keputusan dalam kondisi tertekan, khususnya dalam dunia pekerjaan. Namun, seberapa sering anda mampu membuat keputusan yang tepat?

Terkadang, membuat keputusan antara keluarga, karir, keuangan, kesehatan, dan hal lainnya tidaklah mudah, namun pilihan-pilihan ini mau tak mau harus tetap kita hadapi, baik atau buruknya.

Yuk, ikuti 7 tips di bawah ini, agar anda tetap bisa berpikir jernih saat merasa bingung harus mengambil keputusan  apa dan tidak terjebak pada kesalahan fatal;

Luangkan waktu

Tekanan dari banyak orang di sekitar agar kita cepat mengambil keputusan, memang terkadang membuat kita sendiri jadi tidak bisa berpikir jernih. Kita pun kerap terburu-buru mengatakan, ya atau tidak, akibatnya kita tidak selalu bisa membuat keputusan yang tepat. Padahal, sangat penting bagi anda untuk secara serius memikirkan setiap keputusan yang diambil. Sebelum mengatakan ya atau tidak, minta agar orang-orang di sekitar anda  meluangkan waktu sejenak untuk berpikir.

Pahami masalahnya

Terkadang, saat terburu-buru ingin segera membuat keputusan, kita lupa memahami inti masalahnya. Hal ini menyebabkan kesalahan fatal saat mengambil keputusan. Sebelum anda mengambil keputusan, memahami lebih jernih masalah adalah salah satu solusi.

Buat daftar alternatif

“Seorang pria yang mengejar dua ekor kelinci, akhirnya tak mendapatkan satu pun di antaranya,”- Confucius-

Semakin banyak kita berpikir maka semakin pusing anda saat akan mengambil keputusan. Maka, coba ambil waktu sebentar untuk menuliskan daftar alternatif yang sekiranya bakal menjadi solusi persoalan anda.

Pergi ke tempat menyenangkan

Keputusan buruk terjadi kadang saat kita berada di tempat yang salah. Maka, cobalah pergi ke tempat-tempat yang lebih menenangkan jiwa dan pikiran. Namun, jika anda berada di tempat keramaian, maka anda pun akan ikut terbawa suasana yang tak tenang, dan memang terkadang pula anda harus mencoba datang ke tempat-tempat yang sepi yang memungkinkan anda mendapat inspirasi baru.

Ingat prioritas anda

Mengingat apa yang menjadi prioritas anda dalam hidup juga penting dalam pengambilan keputusan. Tak heran, banyak orang mengambil keputusan yang tidak berhubungan dengan prioritas mereka.

Ingatlah yang terbaik bagi anda

Seberapa sering anda membuat keputusan tanpa berpikir apa yang sebetulnya baik bagi anda dari segi kebutuhan dan keingingan? Maka, sebelum anda berkata ya atau tidak, ingatlah apa yang baik lebih dulu untuk anda, mungkin agak terdengar egois, tapi paling tidak cara ini bisa membuat anda mengambil keputusan terbaik.

Mintalah opini kedua

Merasa sangat bingung? Anda merasa khawatir dengan keputusan yang anda buat sendiri? Maka, cobalah meminta nasihat teman-teman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.