7 Tips Bangun Bisnis Saat Masih Bekerja

handoko hendroyono
Mengikuti kelas workshop adalah salah satu cara belajar bagi pebisnis pemula 🙂

Banyak orang memimpikan untuk bisa meninggalkan pekerjaan “nine to five” mereka dan mulai membangun bisnis sendiri.

Banyak pula wirausaha sukses yang tetap menjalani pekerjaan harian mereka sampai mereka mencapai tujuan bisnis, hingga akhirnya mereka berani untuk resign. Meski begitu, masa transisi ini pastinya begitu sulit dan berat, khususnya bagi anda yang sudah tak lagi menikmati pekerjaan saat ini.

Ambisi memang penting, namun tak selalu akan membawa anda melangkah maju ke depan. Memelihara motivasi selama masa transisi dari karyawan menjadi wirausaha sangatlah  krusial. Nah, berikut adalah beberapa tips memulai bisnis meski anda masih bekerja di perusahaan orang lain;

Tujuan jelas saat mulai bisnis

Menentukan tujuan mengapa anda harus berbisnis, tentunya adalah hal pertama yang harus anda lakukan. Mungkin anda termotivasi, ingin menjadi bos sendiri, kebebasan finansial, aktualisasi diri, atau mendayagunakan kreativitas anda, semua tergantung anda. Dengan mengetahui motivasi, maka anda pun akan lebih mudah komitmen dan fokus terhadap tujuan anda bahkan ketika masa sulit menghampiri.

Komitmen terhadap tujuan

Memiliki keinginan untuk mengerjakan sesuatu versus komitmen terhadap pekerjaan itu tentunya menjadi dua hal yang berbeda. Ketika anda mampu komitmen pada tujuan anda, maka anda mengikat diri anda sendiri dengan kewajiban-kewajiban yang akan membawa anda maju. Dengan begitu, anda mampu menyelesaikan masalah dan terus berusaha apa pun yang terjadi.

Menciptakan visi personal pada bisnis

Pikirkan tentang apa yang anda inginkan untuk bisnis ini dari sekarang, dan tuliskan target anda. Jika anda ingin membesarkan bisnis, ingin sebesar apa? Ingin punya berapa pelanggan? Ingin punya omset berapa? Semakin spesifik dan detil target yang anda tulis, maka anda pun akan semakin mudah mengeksekusinya. Baca setiap hari visi anda, fokus, dan anda pun akan mampu mencapai hasilnya.

Bergabung di komunitas

Bergabung dalam sebuah komunitas tentunya akan membantu anda lebih cepat mencapai tujuan. Anda pun bisa belajar secara personal dari orang-orang yang lebih senior maupun membentuk kelompok mentoring untuk saling berbagi nasihat, dan ide-ide mengenai hal-hal apa saja yang harus anda perbaiki ke depan. Dengan demikian, anda pun akan erus semangat dan termotivasi mencapai tujuan anda.

Terus belajar

Riset dan studi yang anda lakukan tentang bisnis anda jalani sangat penting. Internet pun sudah menyediakan ribuan informasi berharga untuk membangun bisnis sukses. Anda juga bisa melakukan pembelajaran yang berbayar, misalnya kursus, temukan coach atau mentor.

Tetap positif

Setiap hari, cobalah untuk menghargai tiap pekerjaan yang berhasil anda lakukan. Poinnya selalu mencari hal-hal baik. Semakin anda fokus tentang hal-hal positif, di situasi saat ini, sukses akan semakin mendekat. Pikiran negatif hanya akan menghabiskan energi anda.

Tetapkan tujuan harian

Mulailah dari hal kecil, lakukan selangkah demi selangkah untuk bisnis anda. Jauh lebih baik lagi, jika anda membuat jadwal tugas-tugas yang harus anda lakukan setiap hari. Menjalani bisnis sambil bekerja tentu bukan hal mudah jika anda tidak membuat penjadwalan atau to-do-list tiap hari.

*Enterpreneur.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.