7 Profesi Menjanjikan yang Berawal dari Hobi

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Jika di masa lalu, anak-anak biasa dikenalkan dengan profesi yang cenderung monoton, seperti dokter, pilot, banker, atau insinyur, di era yang begitu terbuka seperti sekarang, siapa pun bebas bercita-cita sesuai dengan minatnya masing-masing.

Belakangan tahun terakhir, begitu banyak pilihan profesi yang menjanjikan dan tak bisa lagi dipandang sebelah mata. Bahkan, tak jarang jika profesi-profesi kreatif ini hadir tanpa latar pendidikan formal para pelakunya, melainkan berawal dari sekedar hobi.

Namun, jika anda ingin menggali ilmu lebih dalam, tentunya anda juga bisa dengan mudah menemukan tempat belajar di beberapa lembaga atau mengambil kursus singkat baik di dalam atau luar negeri. Yuk simak, profesi seru apa saja yang bisa anda lakoni dari hobi;

Make up stylist

make up stylist
Bayaran seorang make up stylist profesional bisa puluhan juta rupiah sekali mendapat proyek.

Punya hobi dandan? Bisa jadi profesi yang satu ini cocok bagi anda. Banyak industri yang memiliki ketergantungan tinggi terhadap profesi satu ini, seperti entertainment, salon dan kecantikan, serta fesyen. Saat ini saja, tak hanya wanita yang bisa sukses menggeluti profesi ini, namun juga para pria.

Nah, makanya jika anda serius mengasah keterampilan di bidang ini, bukan tak mungkin anda bisa menjadi make up stylist para artis atau model ternama dengan bayaran menggiurkan sekali mendapat proyek make up. Beberapa make up stylist yang populer di Indonesia di antaranya, Lizzie Parra, Susy Kleo, Marlene Hariman, atau Jasmine Lishava.

Niche blogger/photographer

fashion blogger indonesia
Dok. Jesse dan Elle Yamada –Fashion blogger Indonesia

Punya hobi menulis, fotografi, dan gemar mengeksplorasi hal baru? Menjadi niche blogger atau fotografer bisa jadi pilihan anda. Sedangkan, beberapa pilihan bidang yang bisa anda tekuni pun cukup beragam, dari mulai fesyen, kecantikan, travel, sampai kuliner.

Di era digital seperti sekarang, posisi para blogger pun makin menunjukkan taringnya. Bukan tak mungkin, anda bisa mendapat bayaran cukup lumayan jika berhasil mendapat proyek dari banyak brand besar. Beberapa blogger ternama Indonesia di antaranya Jesse dan Elle Yamada, Sonya Erika, Marischa Prudence.

Writerpreneur

penulis lepas

Sejak dulu, profesi menulis tidak hanya terbatas pada profesi sebagai jurnalis atau novelis saja. Lagi-lagi karena kemajuan teknologi anda pun bisa menjadi writerpreneur. Salah satunya dengan menjual jasa anda terhadap perusahaan, atau para pemilik situs web sebagai pengisi konten atau penulis rilis media. Jika anda punya minat dalam dunia entertainment, bukan tak mungkin juga anda bisa menjadi penulis skenario sebuah film atau serial televisi. Wanna try? 🙂

Product/fashion designer

desainer fesyen

Punya hobi menggambar? Gak mesti harus jadi arsitek bukan? Saat ini, menjadi desainer adalah pilihan yang kerap jadi favorit. Perkembangan industri kreatif yang begitu pesat belakangan tahun terakhir, membuat banyak orang mendambakan profesi yang satu ini dengan harapan memiliki lini produk sendiri yang laku dijual. Saat ini, sudah cukup banyak pilihan tempat belajar yang bisa mengakomodasi keinginan itu.

Chef/Food stylist

food stylist
Anda seorang foodies sejati? Menjadi food stylist bisa menjadi pilihan profesi menjanjikan lho.

Kalau profesi yang satu ini cocok buat anda yang gemar makan dan pastinya hobi masak 😀 Chef memang menjadi pilihan profesi yang kian populer setelah banyak acara di layar kaca menyorot para chef profesional berpenampilan kinyis dengan segala kebisaannya.

Tak hanya itu, keuntungan menjadi seorang chef atau food stylist dengan tingkat keahlian tinggi tentunya mampu mendulang pundi-pundi uang yang cukup banyak baik bekerja sendiri atau di perusahaan orang lain. Berbagai bidang industri, seperti perhotelan, kafe dan restoran tentunya memiliki permintaan yang tinggi terhadap profesi yang satu ini.

Music director (MD)

music director

Suka musik tapi gak jago nyanyi atau main alat musik? Yup, musik adalah salah satu industri yang terus berkembang. Pernah merasa bahwa lagu-lagu yang diputar di radio kesayangan anda sangat pas dengan suasana hati? Maka, berterimakasi-lah pada sang music director 🙂

Menjadi seorang music director (MD) tentunya sangat menyenangkan, yakni bertugas menyusun list lagu yang layak atau tidak diputar di sebuah radio. Tak hanya radio, tapi juga ada music director untuk program TV sampai music director khusus film dan iklan.

Florist

florist indonesia
Punya keterampilan satu ini, banyak peluang pekerjaan yang bisa anda geluti.

Suka dengan keindahan atau hal-hal seputar bunga? Meski membutuhkan keahlian yang tak mudah, menjadi florist adalah pilihan profesi yang saat ini cukup banyak diminati kaum hawa. Jika sudah memiliki keahlian merangkai bunga ini, anda pun bisa membuka bisnis jasa penyediaan bunga untuk berbagai acara, seperti pernikahan, pameran, kenegaraan serta acara formil lainnya. Tak tanggung-tanggung omset yang bisa diraih pun cukup menggiurkan tiap bulannya, jika anda serius menjalaninya.

Nah, yang mana pilihan anda? Selamat bereksperimen 😉

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.