7 Pelajaran Cara Menghasilkan Uang ala Kim Kardashian

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Kita memang bukan sosialita, supermodel, atau bintang tersohor Hollywood seperti Kim Kardashian, Paris Hilton, atau Kendall Jenner sih ya, tapi rasanya tidak ada salahnya belajar dari seorang Kim bagaimana menghargai diri sendiri.

Meski, hidupnya penuh sensasi, ada pelajaran menarik yang bisa kita petik dari cara Kim menghasilkan pundi-pundi dolarnya. Tentu saja kita juga bisa memanfaatkan  talenta atau aset yang kita punya untuk memiliki penghasilan yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Kim Kardashian dan suaminya Kanye West memang sering menjadi sorotan di berbagai media dengan berbagai polemiknya, di luar itu Kim adalah seorang pebisnis, dan keberhasilannya tidak terjadi karena kebetulan. Ia memiliki strategi yang tentunya bisa anda gunakan juga, terutama jika ingin memiliki usaha sendiri.

Di era sosial media sekarang, generasi milenial jauh lebih mudah menghasilkan uang dibandingkan generasi X zaman dahulu. Jika anda ingin serius menghasilkan lebih banyak uang, coba perhatikan apa pelajaran yang bisa anda petik dari selebriti sekelas Kim;

Investasi di diri sendiri

Meski, dari luar kehidupannya tampak glamor dan sempurna, ayahnya Robert Kardashian, sebetulnya merupakan salah satu tim pembela (pengacara) O.J Simpson dalam kasus Simpson yang kurang populer. Tak heran, Kim pun menjadi seorang pekerja keras. Di usianya yang ke-16, ia telah memulai berjualan online di eBay, dengan modal dipinjami ayahnya, ia menjual sepatu dan aksesoris yang didesainnya sendiri. Ia tak ragu untuk berinvestasi dengan sejumlah dana, karena dia percaya usahanya bakal menghasilkan keuntungan. Kim juga berinvestasi untuk penampilannya. Bagaimana pun juga, imej-nya adalah bagian dari brand yang dijualnya.

Catatan: Anda tidak perlu menguras kantong untuk beragam kecantikan ala Kim Kardashian 🙂 Dibanding fokus pada penampilan semata, asah pula keterampilan anda untuk menjadi seorang ahli dalam bidang tertentu.

Perluas jaringan

kim kadarshian
dok. cosmpolitan

Kim Kardashian memang seorang sosialita sebelum ia membangun kerajaan bisnisnya sekarang ini. Ia memiliki bisnis organisasi, dengan klien para selebriti yang menggunakan jasanya untuk menjualkan berbagai pakaian atau barang-barang pribadi milik seleb yang sudah tidak dipakai lagi. Ide bisnis yang brilian bukan? Namun, untuk mendapat klien, tentu saja ia harus memperluas jaringan pergaulannya. Ia pernah menjadi personal asisten Brandy, namun juga pernah menjadi sahabat baik bagi Paris Hilton.

Catatan: Buatlah hubungan yang saling menguntungkan dan bernilai. Terbuka untuk ketemu orang baru. Biarkan orang tahu apa yang anda lakukan.

Eksis

kim kadarshian
dok. elle

Sebagai seorang selebriti, tentu penting bagi Kim untuk selalu terlihat di berbagai acara selebriti juga. Dari mulai Met Gala, Grammy Awards, dan beragam acara bergengsi lainnya, Kim selalu ada. Dengan begitu, ia pun selalu eksis di banyak pemberitaan, hal ini sekaligus menaikkan rating reality show-nya. Kehadiran anda di industri yang digeluti saat ini, menunjukkan jika anda adalah orang yang patut dipertimbangkan.

Catatan: Ketika eksis, anda bisa berkolaborasi atau menemukan peluang baru. Ingat, semakin besar audiens, maka makin besar pula kesempatan anda untuk membukukan penjualan.

Memiliki lebih dari satu sumber pendapatan

kim kadarshian
dok. celebuzz

Kim memiliki beragam pendapatan, salah satunya saat keluarga Kardashian menandatangani 100 juta dolar kerja sama dengan E!, di mana ia mendapat bagian 15 juta dolar, sekaligus janji penghasilan 5 juta dolar setiap kali Kanye West tampil. Tahun 2006, Kourtney, Khloe, dan Kim meluncurkan toko busana bernama DASH. Tak hanya itu, ia juga meraup untung  dari penampilan publiknya (event, pesta, dan seremoni). Belum lagi, ia memiliki aplikasi dan permainan yang semakin mempertebal kantongnya.

Catatan: Sebagai wirausaha, tentu anda tak mau menaruh semua telur di satu keranjang, bukan? Tentu saja, memiliki pendapatan utama penting, namun punya sumber pendapatan pasif atau aktif juga penting. Misalnya, anda bisa mengajar kursus, mengikuti program afiliasi, dan lain sebagainya.

Buat produk terinspirasi dari konten anda

kim kadarshian
dok. pulse

Kim meluncurkan sebuah buku Selfish, di mana berisi mengenai foto selfie-nya. Coba anda lihat Instagramnya yang sebagian besar berisi foto selfie-nya. Ajaibnya, ia masih mampu menjual buku tersebut sebanyak 32 ribu kopi. Memang dari segi penjualan sebetulnya agak mengecewakan, tapi bisa anda bayangkan masih ada 32 ribu orang yang tidak puas hanya melihat foto Kim lewat akun Instagram-nya dan rela membeli buku tersebut 🙂

Catatan: Jika anda sudah memiliki produk, coba pikirkan produk atau jasa apa lagi yang dapat anda tawarkan ke audiens anda. Kalau perlu, buat polling di Facebook, dan tanya pendapat, apa yang mereka inginkan.

Buat konten gratis + berbayar

kim kadarshian
dok. OK magazine

Layaknya selebriti pada umumnya, Kim juga senang membagi banyak hal. Ia dan timnya pun muncul dengan strategi meluncurkan jasa berlangganan. Ia menggunakan akun Instagram untuk menunjukkan pada pengikutnya mengenai sedikit banyak tentang hidupnya, dan ia mulai mengarahkan ke aplikasinya. Hanya dengan 2,99 dolar per bulan, anda akan mendapat akses untuk melihat lebih banyak selfie-nya, tutorial kecantikan, kehidupan keseharian secara langsung, dan di balik layar pemotretan.

Catatan: Anda bisa memiikirkan konten apa yang bisa dijadikan berbayar yang kira-kira disukai target audiens anda.

Memiliki tim hebat

kim kadarshian
dok. people

Kim Kardashian bukan lah one woman show. Ia memiliki para asisten yang siap membantunya. Begitu pula anda, jangan melakukan segalanya seorang diri. Idealnya, sebelum meluncurkan bisnis anda, buat pendanaan bisnis lebih dulu, sehingga anda bisa mempekerjakan tenaga profesional.

Catatan: Sebelum anda ingin memulai bisnis, mulailah juga dengan menabung. Buat daftar pengeluaran yang diperlukan, seperti pembuatan situs, hosting, dan lainnya.

 

*Therichest/people/mashable

Leave a Reply

Your email address will not be published.