7 Hobi Ini Bisa Asah Kecerdasan, Adakah Salah Satunya Hobi Anda?

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Hobi biasa diasumsikan sebagai kegiatan yang hanya sekedar bersenang-senang, namun jangan salah dari kegiatan yang terlihat sederhana ini ternyata bisa mengasah kecerdasan seseorang juga.

Tak jarang juga, ada persepsi umum yang mengatakan bahwa tak banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tingkat kecerdasan. Kecerdasan intelektual kerap dianggap sebagai sesuatu yang “taken for granted” alias sudah ditentukan sejak lahir, dan tak banyak yang bisa dilakukan untuk itu.

Padahal, begitu banyak cara untuk membantu meningkatkan kecerdasan, selain belajar, kecerdasan juga bisa diasah lewat hobi. Seseorang yang memiliki hobi juga dianggap memiliki kehidupan yang menarik. Berikut adalah beberapa hobi yang akan membantu anda menjadi seorang yang lebih cerdas. Adakah salah satunya hobi anda?

Memainkan instrumen musik

Confusius pernah berkata di masa lalu, “Musik akan memproduksi kesenangan tertentu di mana naluriah manusia tak bisa melakukannya. Beberapa jenis musik juga dianggap akan menstimulasi otak di mana ini dibuktikan melalui riset ilmiah.

Musik memiliki kekuatan untuk membangkitkan emosi dan psikologis yang kompleks. Para peneliti mengatakan, baik mendengarkan musik atau memainkan instrumen musik dapat meningkatkan kapasitas memori. Saat memainkan alat musik juga mengajarkan anda kesabaran dan ketahanan untuk mempelajarinya dengan benar. Cara ini juga akan meningkatkan konsentrasi.

Rajin baca

membaca
dok. enterpreneur

Orang yang punya hobi membaca kerap dianggap tidak asyik alias suka menyendiri. Padahal, membaca akan meningkatkan intelejensia anda. Semakin banyak topik yang anda baca, maka semakin luas pula wawasan anda, dan semakin nyambung pula anda jika diajak ngobrol orang-orang dari berbagai latar belakang.

Membaca juga mampu mengurangi stres, serta mengelola beragam emosi. Berdamai dengan diri sendiri sangat penting untuk membantu anda menjadi diri yang lebih positif.

Bermain games

puzzle

Game? Mendengar kata satu ini, ingatan kita pasti akan kembali ke masa kanak-kanak. Apa saja permainan seru yang anda nikmati semasa kanak-kanak? Dari mulai game modern hingga tradisional, sebetulnya sebuah permainan akan menantang otak kita untuk berpikir terus. Layaknya otot, otak pun juga perlu dilatih.

Tak heran, jika permainan pun juga digemari kita yang sudah dewasa. Anda bisa memainkan Sudoku, puzzle, atau teka-teki. Semua aktivitas ini, akan membantu otak membentuk koneksi baru. Lewat aktivitas ini, otak juga akan merespon segala situasi dengan cara kreatif, serta mengembangkan kemampuan untuk melihat berbagai hal dari perspektif yang beda-beda.

Olahraga

olahraga
dok. conel

Tubuh yang sehat tentunya menandakan anda memiliki otak yang sehat pula. Bagaimana pun juga, otak anda seperti otot yang dilatih. Berolahraga rutin dapat membuat otak sekaligus otot berfungsi dengan semestinya. Selain mampu menurunkan tensi, juga akan membantu anda tidur lebih baik. Jika anda bermain dalam tim, maka keterlibatan anda akan meningkatkan pula responsifitas, koordinasi, kapabilitas, dan kepercayaan diri.

Menulis

menulis
dok. pexel

Tak perlu diragukan, menulis punya banyak manfaat, salah satunya adalah meningkatkan tingkat kecerdasan. Menulis juga dapat membantu kemampuan linguistik, serta keterampilan lain, seperti fokus, kreativitas, imajinasi, dan komprehensi. Kalau bagi saya, menulis bisa jadi mood booster, dan sebagai cara untuk mengekspresikan diri lewat kata-kata. Kalau buat anda? 😉

Traveling

traveling
dok. huffington post

Pasti seneng nih, yang hobi traveling, karena traveling tak hanya membunuh rasa bosan anda, tapi lebih dari itu, malah bisa mengasah kecerdasan anda. Ya, dengan catatan anda traveling tidak bersama agen perjalanan ya 🙂

Setiap tempat baru yang anda kunjungi akan menawarkan berbagai hal baru untuk dipelajari. Anda bisa bertemu orang baru dari beragam latar berbeda, makanan, budaya, gaya hidup, serta masyarakat yang mungkin saja bisa mendatangkan ide atau inspirasi baru yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Otak anda juga akan terlatih untuk melakukan observasi, memperdalam tiap obyek yang dilihat, beradaptasi dengan beragam situasi, serta memecahkan masalah dengan lebih baik.

Masak ragam makanan

memasak
dok. getnowapp

Nah, yang punya hobi memasak, berbahagialah 😉 Di era yang serba cepat dan praktis ini, banyak di antara kita berpikir bahwa memasak hanya membuang waktu. Sadarkah anda, jika kegiatan memasak akan mendorong kreativitas?

Orang yang hobi memasak, akan komitmen terhadap kualitas rasa, makanya mereka akan menaruh perhatian di tiap detil.  Saat memasak, anda pun akan belajar mengukur dengan presisi, dan membuat keputusan dengan cepat.

 

lifehack

Leave a Reply

Your email address will not be published.