7 Hal yang Bisa Kita Pelajari dari Seekor Kucing

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun
kucing lucu
dok. catster

Memiliki binatang peliharaan memang mendatangkan kesenangan tersendiri bagi sang pemilik, selain mampu menghilangkan stres dan menurunkan tekanan darah, ternyata begitu banyak hal yang bisa kita pelajari dari sifat-sifat unik mereka yang bermanfaat dalam kehidupan.

Selain anjing, kucing juga menjadi salah satu binatang yang menjadi favorit kebanyakan orang untuk dipelihara. Di balik wajahnya  yang imut dan lucu, kucing ternyata mampu menjadi bijak pula. Mereka juga dinilai mampu memiliki pandangan terhadap dunianya yang membuat hidup kita lebih kaya.

Ya, sangat terlihat karena anjing lebih fokus pada kebahagiaan kita, sedangkan kucing lebih fokus pada diri mereka sendiri. Meski begitu, banyak nilai-nilai dari mengamati tingkah berbagai kucing yang bisa kita contoh. Apa saja?

Aku cinta kamu, tapi aku lebih mencintai diriku

Terdengar selfish? Tapi, nyatanya love yourself first J . Membersihkan lebih sering bulu-bulunya, tidur 18 jam sehari (rata-rata manusia 8 jam ya), menghabiskan makanan sedikit-dikit, dan kejarlah apa yang menarik bagi anda. Tetapkan standar untuk diri anda, tetaplah konsisten, seolah anda tak memiliki pilihan lain. Buatlah diri anda nyaman dan jadikan prioritas baik kesehatan fisik, mental, dan emosional. Ketika anda sehat, anda akan mampu melihat banyak peluang di dunia ini.

Terima hadiah dan jadikan penghormatan tujuan

Saya akan membawakanmu tikus atau burung mati. Itulah hadiah. Meski, itu bukanlah hadiah yang kamu mau, saya memberikannya, karena saya menyayangi kamu.” Di mana pun ada hadiah. Beritahu mereka, untuk mencarinya dan hargai tujuan dari si pemberi tersebut.

Fokus terhadap apa yang anda mau dan bersikeraslah mendapatkannya

“Tidak” bukanlah pilihan, Aku lapar.” Anda bangun dari tempat tidur anda sekarang, dan beri aku makan, atau saya akan terus berjalan di atas rambut anda dan mengacak-acaknya. Aku akan buang air di lantai, sampai anda membersihkannya untuk aku. Aku butuh buang air di toilet dan aku tahu anda akan membantu aku.” Begitulah kucing J

Anda mengajari orang lain bagaimana memperlakukan anda

Kucing bisa menjadi role model bagi anda bagaimana anda semesetinya memperlakukan orang lain. “Saya akan mencintai anda karena telah merawat saya, jadi saya akan mengelus kaki anda dan menunjukkan pada anda sisi mempesona saya”. Dan, jika anda akan pergi, saya akan mengikuti anda.”

Jadilah mandiri

”Saya bergantung pada anda untuk makan dan air, karena saya ada di dalam rumah anda, namun saya lebih bergantung pada diri sendiri. Saya tahu bagaimana merawat diri dan saya bertanggung jawab pada kebahagiaan saya. Saya menyenangi persahabatan, namun saya juga butuh waktu untuk sendiri juga. Saya perlu men-charge mood, emosi, dan kebutuhan”.

Lalui rasa takut anda

Memanjat ke tempat yang tinggi layaknya memasuki sebuah pintu, kulkas, atau lemari, meski ia tak tahu bahwa bisa terjatuh. Pergilah kemana pun dalam hidup dan jangan takut. Anda akan selalu menemukan kembali jalan pulang, meski anda belum mengetahui bagaimana melakukannya ketika dalam perjalanan. Bisa anda bayangkan, bagaimana mereka melumpuhkan rasa takut meski otak hewan lebih kecil dibanding manusia.

Life must go on

Seekor kucing akan jatuh saat kaki masih mampu menumpunya. Lalu, beraktinglah seolah anda juga bisa melakukan hal yang sama. Jangan menahan rasa sakit saat jatuh, tetaplah menjadi anda dan biarkan kaki saja yang menumpunya. Kita semua pernah jatuh dari waktu ke waktu. Bangun, dan lanjutkan perjalanan anda. Saya tidak terlalu menganalisa mengapa kita jatuh, hilangkan istilah “saya tak bisa melakukannya,” atau saya tak cukup bagus, atau hal buruk selalu terjadi pada saya” atau menyalahkan orang lain atas kejatuhan saya.

 

Dibanding seekor anjing yang lebih banyak memberi kita koneksi emosional, cinta, dan kebahagiaan, kucing memang lebih praktis dan lebih mengajari anda bagaimana menghadapi tantangan di mana mesti bisa mengontrol antara kebutuhan, emosi, dan tujuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.