6 Pekerjaan Berpenghasilan Tinggi buat Penggila Sosial Media

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun
sonya erika
Sonya Erika
dok. 101topbloggers

Pernahkah terbayang dalam benak anda penghasilan puluhan bahkan ratusan juta rupiah yang bisa diterima oleh Youtuber atau para endorser lain?

Tak bisa dimungkiri, dunia memang telah berubah banyak sejak kehadiran beragam platform sosial media. Sekarang, Facebook atau Twitter telah menjadi tempat untuk “hang out, sedangkan Instagram dan Pinterest telah berubah menjadi pusat belanja virtual dengan transaksi besar.

Di luar fungsi komunikasi, beberapa kanal ini pun telah menjadi fasilitas mencari nafkah atau meraup penghasilan bagi sebagian orang. Faktanya, ada beberapa karir saat ini yang belum eksis 10 tahun lalu, namun menjadi incaran orang sekarang.

Apakah anda salah satu penggila sosial media? Tak harus sibuk dengan memperbarui status tak penting, mungkin anda bisa mencoba beberapa profesi dengan penghasilan cukup tinggi  di era dunia yang serba cepat dan terkoneksi ini;

Endorser atau buzzer

Endorser atau buzzer kerap disebut sebagai social media influencer yang biasanya merupakan orang dengan jumlah pengikut banyak, dan mampu membangun komunikasi dengan audiens serta memengaruhi preferensi mereka terhadap sebuah produk.

Untuk menjadi seseorang yang punya pengaruh di sosial media, maka anda harus membangun personal brand terlebih dulu. Beberapa keterampilan yang perlu dipelajari di antaranya; ahli dengan beragam platform (Instagram, Youtube, Facebook), kreatif dalam membangun konten yang unik (foto, video, cerita dan lainnya), mampu berinteraksi secara sosial.

Social Media Strategist

Ini merupakan salah satu posisi baru di beberapa perusahaan belakangan tahun terakhir, juga biasa disebut Social Media Specialist. Tugasnya di antaranya, mengamati tren sosial media dan bagaimana perusahaan dapat mengintegrasikannya ke dalam strategi bisnis. Posisi ini tentunya membutuhkan jam terbang yang cukup baik, di mana tren dunia maya begitu dinamis.

Pekerjaan ini juga membutuhkan pengetahuan analisa dan algoritma. Beberapa keahlian yang perlu dimiliki adalah, menyusun strategi sosial media untuk platform yang berbeda, mengembangkan promosi dan interaksi dengan audiens, berkoordinasi dengan ahli lain, misalnya fotografer atau copywriter untuk konten postingan, menganalisa efisiensi dari sebuah kampanye.

Secara umum, seorang social media strategist di luar negeri dapat menikmati penghasilan hingga 50 ribu dolar, namun untuk perusahaan agensi khusus bisa mengantongi hingga 79 ribu dolar (Rp 1 miliar) per tahun.

Konsultan pemasaran

Ingin melangkah lebih jauh dalam karir? Seorang konsultan pemasaran dapat bekerja secara mandiri, atau bekerja di sebuah lembaga konsultan. Seperti namanya, seorang konsultan pemasaran akan menyediakan informasi profesional mengenai tren marketing, kanal, dan promosi, maka pengetahuan terhadap sosial media sangat krusial.

Merasa tertarik membantu bisnis orang lain mencapai tujuan, melalui proyeksi pemasaran di Facebook atau Instagram? Mungkin ini bisa jadi pekerjaan yang anda mau.

Terlepas dari keterampilan sosial media, konsultan pemasaran juga membutuhkan; riset tren dan pasar dari produk atau jasa klien, memberi laporan detil dan rekomendasi untuk menjalankan rencana pemasaran, menawarkan penambahan produk atau jasa, menelusuri penjualan dan performa dari waktu ke waktu.

Rata-rata penghasilan atau gaji yang diterima sebesar 57 ribu dolar, bahkan jika karir anda terus naik, sebagai direktur atau manajer, penghasilan bisa meningkat menjadi 150 ribu dolar (Rp1,9 miliar) per tahun. Menggiurkan ya?

Community manager

Tidak mudah membangun brand online. Itulah mengapa para penggila sosial media terkadang memiliki batasan, khususnya ketika membangun pengikut yang kuat dan loyal. Maka, cobalah untuk melamar sebagai community manager untuk brand atau bisnis yang anda minati. Pada dasarnya, anda akan menjadi wajah perusahaan, menangani berbagai hal dari mulai pemasaran sosial media, kreasi konten, hubungan masyarakat, bahkan relasi ke pelanggan.

Berikut adalah beberapa keterampilan untuk berkarir di bidang ini: selalu muncul dengan strategi cerdas untuk masa depan bisnis atau brand, beri jawaban terhadap konsumen, klien, atau media, rencanakan kegiatan di komunitas, menulis blog, newsletter atau bentuk komunikasi lainnya untuk perusahaan. Rata-rata gaji untuk posisi ini berdasarkan pengalaman, antara 48 ribu-73 ribu dolar.

Direktur komunikasi pemasaran

Jika anda pernah menduduki beberapa posisi penting dalam dunia sosial media atau pemasaran digital, bisa jadi posisi Direktur menjadi yang berikutnya dalam karir. Posisi ini bisa jadi kombinasi dari konsultan pemasaran dan community manager. Di beberapa perusahaan, anda mungkin akan terlibat dalam pekerjaan seperti, SEO, desain situs web, atau email marketing.

Sebagai seorang direktur pemasaran komunikasi, inilah beberapa keterampilan yang diperlukan; kemampuan berkoordinasi dengan rekan agensi lain, melihat proyeksi dari analisis data dan mengevaluasinya, membuat dan melaksanakan strategi untuk mendorong pangsa pasar, menyetujui atau tidaknya sebuah rencana pemasaran dan promosi. Penghasilan seorang direktur pemasaran komunikasi sangat variatif tergantung dari pengalaman antara 76 ribu-140 ribu dolar per tahun.

Vice President komunikasi

Sudah siap menjadi pucuk pimpinan perusahaan? Ya, menjadi vice president departemen komunikasi, akan membawa pengetahuan anda pada tingkat berikutnya Anda tidak lagi harus bergumul dengan para endorser atau buzzer namun juga media massa. Anda harus bisa mengatur, meningkatkan, dan mempromosikan reputasi bisnis. Anda benar-benar menjadi wajah brand yang akan direpresentasikan.

Beberapa keterampilan yang perlu anda miliki adalah; mengembangkan program non profit, membuat, mengintegrasikan, dan mengimplementasikan aktivitas humas untuk pertumbuhan perusahaan, menumbuhkan kesadaran untuk bisnis, mentoring dan mengembangkan para staf.

Jadi, siapa bilang jika internet tidak bisa menjadi ladang menjanjikan mencari nafkah? Jika anda mampu memaksimalkan pengetahuan pada keterampilan yang lebih nyata, dengan latihan dan kesabaran, anda bisa meraup berapa pun pundi-pundi, meski awalnya hanya sebagai penggila sosial media.

Dok.lifehack

Nb: Estimasi penghasilan berdasarkan Payscale dan Indeed

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.