6 Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Facebook Ads

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

facebook ads

Facebook telah lama menjadi jejaring sosial yang cukup populer di dunia. Di Indonesia sendiri, pengguna jejaring sosial rintisan Mark Zuckerberg ini menjadi yang paling tinggi di antara platform jejaring sosial lainnya dengan menyentuh angka 69 juta orang sampai 2014 lalu.

Bagi para pelaku usaha online, penggunaan fasilitas iklan di situs jejaring ini tentu bukan hal baru. Fitur Facebook adversting atau lebih dikenal FB ads, dinilai cukup banyak membantu pelaku usaha menjual berbagai produk dan jasa dengan jangkauan yang luas dan tertarget namun, dengan biaya yang bisa diatur sesuai anggaran.

Co-author Facebook Marketing All in One for Dummies Amy Porterfield mengemukakan, beberapa alasan penting mengapa anda harus menggunakan fitur FB ads untuk mempromosikan bisnis anda. Berikut adalah beberapa poin penting tentang FB ads yang perlu anda ketahui:

Mengapa Facebook Ads?

Pada dasarnya, Facebook sangat membantu para pemasar untuk menemukan target audiens mereka secara online. Amy juga percaya jika kapabilitas penargetan yang dilakukan Facebook jauh lebih baik dibanding platform jejaring sosial media lainnya. Jika anda membangun halaman bisnis di Facebook dan memiliki ribuan fans, mulailah untuk menarget mereka dengan cara yang mudah dan murah. Anda tak perlu membayar sampai anda mendapat target audiens yang diingingkan. Anda bisa menarget audiens berdasarkan, ketertarikan (interest), aktivitas (activities), dan perilaku (behavior).

Fokus pada konten

Bagi anda pemilik brand atau blog personal, ada baiknya anda tidak perlu meletakkan foto utama anda atau produk anda. Seorang coach bisnis Todd Herman mengatakan, saat ia mulai beriklan di Facebook, ia menemukan jika iklan dengan topik, seperti (Bagaimana meningkatkan omset bisnis 10x lipat), jauh lebih menarik perhatian banyak dibanding ia memasang foto pribadinya sendiri. Hal itu karena kita bukan orang yang dikenal atau figur publik. Maka, fokuslah untuk mempromosikan konten bagi target audiens anda. Anda juga bisa menggunakan Facebook grid tool untuk memeriksa kesempurnaan gambar sebelum diunggah.

Tiga tipe iklan di Facebook

Sebelum anda beriklan ada baiknya anda mengetahui bahwa ada tiga tipe iklan di Facebook, yakni sidebar, news feed, dan mobile. Amy mengatakan, jika anda benar-benar baru beriklan dan punya anggaran terbatas, mulailah dengan iklan news feed. Iklan tipe ini akan tampil layaknya postingan Facebook yang biasa anda lihat. Ketika anda masuk akun pribadi, tentukan dimensi iklan anda, rekomendasi 1200×628.

Sedangkan, iklan mobile akan tampil sedikit berbeda dengan yang di desktop. Amy mengatakan, ia menghabiskan cukup banyak urang untuk menjalankan iklan di desktop dan news feed di mobile.

Teks iklan Facebook

Untuk beriklan di facebook, buat sebuah kalimat headline di bawah gambar dan tambahkan deskripsi. Amy menyarankan untuk menarik pengunjung yang pasti menjawab “yes” dari sebuah pertanyaan headline yang anda ajukan. Upayakan, kalimat tersebut menarik perhatian pengunjung untuk melakukan klik pada iklan anda. Selain itu, anda bisa menggunakan dua cara untuk membuat iklan dengan menggunakan Ad Creator Tool atau Power Editor. Amy menyarankan untuk menggunakan Ad Creator Tool karena lebih mudah. Namun, anda hanya bisa menulis 90 karakter teks, sedangkan di Power Editor anda bisa menulis teks tanpa batasan karakter.

Amy juga membuat iklan dari awal/nol (dibanding meningkatkan postingan/boosting a post), karena anda punya fleksibilitas dan opsi. Misalnya, anda membuat iklan di Ad Creator tool atau Power Editor, maka anda bisa membuat opsi seperti, tombol call to action, “lihat sekarang”, klik sekarang, dan lainnya. Ia menjelaskan dia akan meningkatkan postingan jika dia membutuhkannya dengan cepat. Misalnya, dia berencana pergi menggunakan Periscope, maka ia akan mengirimkannya di halaman FB dan meningkatan postingan tersebut.

Anggaran iklan

Amy menyarankan untuk memulai anggaran anda di kisaran U$5 per iklan. Untuk itu, anda perlu membuat kampanye, setelah itu iklan-nya. Jika anda ingin membuat dua iklan, coba U$5 dolar untuk masing-masing per hari. Ketika iklan dalam kampanye anda berlangsung, anda akan melihat analisa seberapa banyak anda mendapat lead/prospek, lalu mulailah untuk menambah anggaran sedikit demi sedikit.

Anda bisa menambah anggaran menjadi U$20 per hari dalam periode tertentu, seminggu lebih baik. Amy juga menjelaskan, memang biasa bagi anak muridnya merasa khawatir, jika mereka tak mendapat hasil dalam 24 jam. Maka, tunggulah sampai 72 jam alias 3 hari. Ketika anda menjalankan iklan untuk mendapat lead/prospek, maka biaya per lead akan tinggi, misalnya US$6-7. Namun, setelah 24 jam, biaya tersebut perlahan menurun. Maka, anda harus cukup sabar untuk bisa menyeimbangkannya.

Kapan mengubah iklan anda

Untuk mengetahui, apakah iklan Facebook anda bekerja, Amy mengatakan agar anda lebih memperhatikan biaya per lead atau biaya per penjualan. Jika anda membayar antara U$1-5 per lead, maka anda telah melakukan yang terbaik dan semestinya iklan anda pun bekerja dengan baik. Tak ada yang perlu diubah jika iklan itu benar-benar bekerja untuk anda.

Namun, jika anda tidak terlalu suka dengan sesuatu, misalnya biaya per lead, ada tiga hal yang dapat anda lakukan. Mulai dengan mengubah gambar. Biarkan selama 3 hari, dan lihat apa yang terjadi. Jika, tidak terlalu terjadi perubahan signifikan, maka anda bisa mengubah teks-nya. Asalkan, jangan mengubah apa pun, sampai anda benar-benar tahu apa masalahnya. Pastikan pula anda mulai membuat target yang tepat sebelum beriklan. Cara ini akan membantu menurunkan biaya iklan per lead anda secara tak langsung.

Sumber: socialmediaexaminer

Baca juga: http://cara-pastikan-facebook-marketing-bekerja-untuk-usaha-anda/

Leave a Reply

Your email address will not be published.