6 Fakta Menarik Tentang Trofi Oscar

Ajang bergengsi bagi insan perfilman di Amerika Serikat (AS), Academy Awards baru saja berakhir. Seperti diketahui, ajang Academy Award ke-88 digelar di Dolby Theatre, Los Angeles pada 28 February 2016 yang dibawakan oleh Chris Rock.

Namun, ajang Oscar tahun ini ternyata harus diwarnai dengan aksi boikot beberapa insan film yang menilai pemilihan nominasi Oscar hanya untuk insan berkulit putih. Meski, begitu, ajang ini tetap tidak kalah meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Ajang Piala Oscar pertama kali disiarkan lewat radio pada tahun 1930, dan mulai ditayangkan di televisi pada tahun 1953. Saat ini, ajang bergengsi ini telah ditayangkan secara langsung di lebih dari 200 negara dan bahkan bisa streaming via online.

Academy Awards sendiri merupakan ajang penghargaan di dunia hiburan yang paling tua, menyusul ajang the Emmy Awards  untuk pertelevisian, Tony Awards untuk teater, dan Grammy Awards untuk musik dan rekaman.

Di tengah gemerlap ajang Oscar, tentu ada satu hal yang selalu menarik perhatian yakni trofi Oscar sendiri yang sekian puluh tahun telah menjadi simbol Academy Awards. Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai trofi berbalut emas tersebut;

Desain orisinil Oscar

fakta unik trofi oscar

Tahukah anda jika desain orisinil Oscar pertama kali dilakukan oleh Direktur Seni MGM Cedric Gibbons. Idenya didapat saat melihat sebuat patung ksatria yang berdiri di sebuah gulungan film sambil mencengkram sebuah pedang. Setelah itu, pihak Academy memerintahkan seorang ahli patung di Los Angeles George Stanley untuk mendesainnya kembali dalam tiga dimensi.

Aktor penerima Oscar pertama

fakta unik trofi oscar

Piala Oscar pertama kali diserahkan pada ajang tanggal 16 Mei 1929, kepada Emil Jannings sebagai Aktor Terbaik atas penampilannya dalam film “The Last Command” dan “The Way of All Flesh”. Sejak itu, sebanyak 2,947 trofi Oscar telah dipersembahkan bagi para insan perfilman terbaik tersebut.

Produksi trofi

Trofi baru Oscar berbalut emas 24 karat tersebut juga dicetak dan diproduksi setiap bulan Januari oleh RS Owens & Company, perusahaan manufaktur berbasis di Chicago, sejak pagelaran Academy tahun 1982. Tinggi trofi Oscar adalah 13,5 inch, dan berat 8,5 lbs.

Fitur lima jari trofi

fakta unik trofi oscar
Dok. independent.co.uk

Gulungan film yang tergambar dalam lima jari-jari trofi menandakan lima cabang akademi; aktor, direktur, produser, teknisi, dan penulis. Meski, tetap bertahan pada desain asli, ukuran bagian dasar ternyata bervariasi hingga 1945, ketika standar yang terkini diadopsi.

Asal usul nama Oscar

fakta unik trofi oscar

Secara resmi namanya adalah the Academy Award of Merit, namun si trofi lebih dikenal dengan nama pendek, Oscar.

Meski, asal usul nama Oscar belum terlalu jelas, namun cerita populer yang berkembang, bahwa seorang pustakawan Academy (jabatan terakhir Direktur Eksekutif) Margaret Herrick, terlihat mirip dengan pamannya Oscar.

Pihak Academy sendiri sebetulnya telah berhenti secara resmi mengadopsi nama pendek tersebut hanya sampai tahun 1939.

Jumlah trofi

fakta unik trofi oscar
Saat film Spotlight dinobatkan sebagai film terbaik Oscar 2016

Ternyata, pihak Academy sendiri tidak tahu berapa jumlah trofi yang dibutuhkan, hingga amplop penghargaan dibuka saat ajang berlangsung.

Meski, beberapa kategori telah diumumkan di awal, kemungkinan adanya penerima yang membagi hadiah di beberapa kategori, menjadi sulit diprediksi berapa banyak jumlah trofi untuk dipersembahkan.

Makanya, tiap surplus atau kelebihan trofi akan dirumahkan di ruang besi Academy hingga ajang tahun berikutnya digelar.

The telegraph

2 thoughts on “6 Fakta Menarik Tentang Trofi Oscar

  1. Sampe sekarang emang piala Oscar ngetren banget, antusias dari Indonesia juga ngga kalah heboh. Apalagi blogger-blogger yang ga mau ketinggalan berita Oscar

Leave a Reply

Your email address will not be published.