6 Cara Mudah Merawat Tas Berbahan Kulit

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Memiliki koleksi barang berbahan kulit tentu akan membuat tampilan seseorang menjadi lebih mewah. Tidak seperti dulu, kini anda bisa mendapatkan tas atau aksesoris berbahan kulit  asli dengan harga lebih terjangkau lantaran banyak brand baru lokal bermunculan.

Nah, bagi anda penggemar tas dan aksesoris kulit, baik berbahan kulit yang asli atau sintetis, perawatan harian sangatlah penting, jika anda ingin tas yang anda beli bisa tahan lama dan terlihat selalu apik. Untuk tas dan aksesoris berbahan kulit asli, bisa bertahan hingga lebih dari 10 tahun lho, asalkan anda melakukan perawatan dengan benar.

Berikut adalah beberapa cara untuk merawat tas kulit anda, baik yang berharga mahal atau mungkin harga yang lebih terjangkau. Yuk simak, agar anda bisa mendapat inspirasi baru dalam melakukan perawatan tas seperti berikut ini;

Bersihkan dengan cairan tepat

Memilih cairan yang tepat untuk membersihkan tas sangatlah penting, hindari mencuci tas kesayangan anda dengan bahan deterjen, karena berpotensi malah merusak bagian kulitnya.

Anda bisa menggunakan cairan minyak kayu putih atau losion, dengan menggunakan lap/kain pembersih, usap secara lembut pada tas kulit anda. Selain itu, anda juga bisa membeli cairan khusus pembersih tas yang bisa anda dapatkan atau beli di beberapa toko online.

Bersihkan tas anda secara teratur

Jangan pernah menunggu tas kulit kesayangan anda sampai kotor lebih dulu, baru anda mulai membersihkannya. Bersihkan tas sekali dalam dua minggu, apalagi jika anda terus menggunakan tas yang sama dalam jangka waktu tertentu.

Satu hal yang perlu diingat, gunakan kain yang lembut, bisa bahan katun bekas baju atau kain microfibre  untuk mencegah tas anda kotor atau menghilangkan noda ringan.  Penggunaan kain yang lembut ini dimaksudkan agar kulit tas anda tidak mudah tergores.

Hindari paparan langsung matahari

Setelah anda beres membersihkan tas kesayangan, hindari paparan langsung sinar matahari. Untuk sekedar mengeringkan, anda bisa mengangin-anginkan tas anda, atau ditaruh di tempat yang lebih aman dari jangkauan sinar matahari langsung.

Simpan tas dalam posisi benar

Ketika anda membeli tas baru, apakah anda heran mengapa isi tas selalu dipenuhi berbagai bungkusan? Anda merasa terganggu dengan tumpukan kertas dalam isi tas tersebut? Jawabannya karena tumpukan kertas atau plastik dalam isi tas untuk menjaga bentuknya tetap sempurna saat disimpan.

Anda juga bisa melakukan hal yang sama. Dengan cara tersebut, tas anda bisa berdiri dengan baik dan sempurna, dan anda pun tak perlu khawatir tas anda akan kusut terlipat-lipat.

Simpan tas anda dalam kain furing

Jika anda membeli tas baru, pastikan disertai kain furing di dalamnya. Tas yang baik harus disertai dengan kain pembungkus, biasanya terbuat dari bahan furing. Dengan memasukkan tas kesayangan anda ke dalam kain furing, maka akan menghindarkan tas anda dihinggapi debu serta mampu memperpanjang umur tas anda, setidaknya juga untuk menghindari goresan.

Pakai cairan lerak

Bagi anda yang memiliki tas kulit dengan kombinasi kain tradisional baik tenun, batik atau pun lurik, anda harus lebih hati-hati lagi melakukan perawatan. Bagian kainnya, bisa anda gosok lembut menggunakan cairan lerak, seperti yang biasa digunakan pada pakaian berbahan batik dan tenun. Hindari menggunakan deterjen, serta mengeringkan di bawah paparan sinar matahari langsung karena menyebabkan warna kain jadi belang.

*berbagai sumber

2 thoughts on “6 Cara Mudah Merawat Tas Berbahan Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published.