5 Tips Melakukan Perjalanan Mudik Pakai Mobil

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

mudik

Bagi anda yang akan merencanakan perjalanan mudik untuk hari raya Lebaran tahun ini, tentunya membutuhkan banyak persiapan baik dari segi mental, fisik, serta keuangan. Perjalanan panjang di jalan, antrian mengular, serta kepadatan jumlah pemudik selalu mewarnai suasana ritual tahunan ini di Indonesia setiap menjelang Lebaran. Ragam moda transportasi pun telah siap mengangkut ratusan ribu pemudik yang begitu merindukan kampung halamannya. Namun, bagi anda yang lebih memilih kendaraan pribadi atau menggunakan mobil rental untuk bepergian saat mudik nanti, ada baiknya anda memperhatikan beberapa tips berharga berikut ini.

Kurangi konsumsi kafein

Menempuh perjalanan selama berjam-jam menggunakan mobil atau kendaraan pribadi lainnya, tentunya sangat menguras energi dan kondisi fisik. Jika anda berpikir bahwa kandungan kafein dapat membuat fisik anda terus “on”, rasanya anda telah melakukan kesalahan fatal. Terlalu banyak mengonsumsi kafein justru dapat memengaruhi fokus anda saat di jalan, terlebih jika anda yang menyetir mobil. Salah satu minuman terbaik saat anda akan melakukan perjalanan panjang adalah air lemon.

Patuhi pola makan yang baik

Selain mobil yang harus terisi dengan bensin, begitu pula dengan para pengendaranya. Pastikan perut anda terisi oleh makanan yang mengandung karbohidrat dan vitamin. Sebelum melakukan perjalanan, beberapa hari, anda harus mengatur pola makan dengan baik. Hindari makanan ringan, seperti cokelat, permen, atau yang mengandung monosodium glutamat (MSG). Selain makanan, tentu saja anda harus mengonsumsi air putih secukupnya, tidak perlu terlalu banyak, minimal 150-250 ml setiap jamnya. Hal ini untuk menghindari agar anda tidak selalu ingin pergi ke toilet, sekaligus tidak merasa cepat dehidrasi.

Simpan perbekalan makanan sehat

Membawa perbekalan berupa makanan ringan sehat, mungkin juga diperlukan untuk mengganjal perut selama perjalanan, dan ketika tidak memungkinkan anda turun dari mobil untuk menemukan tempat makan karena kemacetan atau faktor lainnya. Pastikan pula anda memilih makanan ringan yang sehat, seperti buah, susu yogurt atau biskuit rendah kalori.

Ambil waktu istirahat

Jika anda membawa anak-anak dalam perjalanan, memang sangat dianjurkan jika anda mengambil waktu untuk rehat sejenak atau menghentikan perjalanan sementara. Terlebih, anak-anak akan cepat sekali merasa jenuh, terganggu, dan bahkan frustrasi saat harus menghadapi perjalanan panjang. Jangan lupa, untuk membuat suasana hati anak-anak terus gembira, anda bisa menyiapkan hadiah hari raya terbaik saat perjalanan nanti atau membelikannya mainan favorit.

Displin berkendara

Pastikan pula anda sebelum berkendara, anda mengecek semua perlengkapan termasuk ban, kelistrikan, mesin mobil. Menyetir-lah dengan cara aman dan nyaman, patuhi semua rambu lalu lintas. Terlebih, jika anda harus menyetir di malam hari, pastikan anda menyalakan lampu sesuai fungsi dan kegunaannya. Jangan memaksakan diri menyetir jika kondisi tubuh sudah lelah dan mengantuk.

*berbagai sumber

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.