5 Tips Jitu Menaikkan Penjualan Online lewat Sosial Media

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

sosial media

Ingin meningkatkan penjualan secara online? Ingin terhubung dengan lebih banyak prospek tertarget lewat kanal media sosial anda? Dengan rencana yang baik, anda bisa meningkatkan pengalaman media sosial orang-orang dan menghasilkan lebih banyak penjualan?

Namun, satu hal yang perlu anda ingat adalah menjual sesuatu lewat sosial media tidak semudah bayangan. Dengan tingkat kompetisi yang ketat, tetap dibutuhkan sumber daya manusia serta uang untuk berpromosi yang sebetulnya tidak murah juga.

Perlu diingat pula, seberapa banyak uang atau SDM yang anda miliki, tidak akan maksimal jika anda belum menjalani beberapa tips berikut;

Menyediakan fitur chat support

Biasanya seiring meningkatkan kunjungan dan penjualan, e commerce biasanya memiliki fitur chat support untuk memudahkan komunikasi secara langsung dengan pelanggan. Jika anda tidak menggunakan aplikasi chat sebagai otomatisasi, bisa jadi anda akan kehilangan peluang besar dalam dunia e commerce.

Upayakan pula, anda tidak menggunakan mesin penjawab, tapi gunakan pendekatan humanis dengan menyediakan orang-orang yang mumpuni menjawab setiap pertanyaan pelanggan anda.

 Baca juga: 5 Cara Tingkatkan ROI di Kampanye Sosial Media

Monitor percakapan tentang bisnis anda

Sosial media merupakan sarana bagi setiap orang untuk saling mendengar dan berpartisipasi yang terwujud dalam sebuah percakapan. Sebuah brand sudah semestinya mampu mengamati, mengumpulkan, dan menganalisa tentang brand, industri, dan kompetitor.

Dengan tetap memonitor pergerakan percakapan audiens di sosial media, tentunya akan membantu anda pula untuk meningkatkan lead baru, mengaplikasikan teknik marketing lebih kreatif, serta mengidentifikasi keluhan maupun hal menarik bagi konsumen.

Dorong konsumen membagi pengalaman

Sukses dalam dunia sosial media tergantung dari seberapa banyak anda atau konsumen membicarakan tentang bisnis anda. Sebagai bukti, paling tidak 1 dari 3 pengguna facebook, melakukan pembelian, setelah menekan tombol membagi (share), favorit, atau komentar atas sebuah produk. Pelanggan anda jauh lebih berharga dibanding tenaga sales anda.

Buat mudah pembelian bagi konsumen

Tombol “buy” dalam sosial media memainkan peran penting untuk pertumbuhan penjualan. Misalnya saja, Facebook di mana sejak 2014, meluncurkan tombol “beli” kepada publik. Setelah, itu tombol untuk messenger. Jika anda berjualan lewat facebook, anda dapat menampilkan produk-produk terbaik, merchandise eksklusif, menggelar event spesial, dan berdialog dengan pelanggan.

Buat konten event yang terkait dengan hari raya tertentu

Saat ini, banyak bisnis e commerce beroperasi berdasarkan event musiman kalender, seperti perayaan keagamaan dan sejenisnya, dengan mengadakan program diskon, kuis promosi, trade in, dan insentif untuk menaikkan penjualan. Anda bisa meniru langkah mereka dengan membuat konten pengumuman, seperti mengajak pelanggan berpartisipasi dalam program anda terkait event tertentu dalam waktu dekat. Di sinilah anda punya kesempatan mendorong penjualan lebih banyak.

Baca juga: 6 Pekerjaan Berpenghasilan Tinggi buat Penggila Sosial Media

 

Dok. socialmediaexaminer

Leave a Reply

Your email address will not be published.