5 Sifat Kepribadian Enterpreneur Andal

enterpreneur
sumber: CNBC

Di tengah pandemi seperti ini, konsep self employee bisa dibilang menjadi fenomena tersendiri. Banyak orang mulai berpikir untuk bisa menjual dari mana saja, bahkan dari rumahnya demi dapur tetap ngebul. Semua orang rasanya dipaksa untuk bisa mengerjakan apa pun tanpa ada batasan jarak dan waktu.

Dunia digital pun kian sesak dimasuki para pemain baru yang ingin mencoba peruntungan peluang bisnis online. Perkembangan teknologi memang turut membantu banyak entrepreneur muda menjajaki jalan sukses yang terjal. Banyak yang berhasil, di sisi lain juga banyak yang kandas di tengah jalan.

Ada yang  bilang, kalau entrepreneur itu sebetulnya bukan pekerjaan tapi sifat bertumbuh dan berinovasi. Meski terlihat sederhana, faktanya bisnis online di era sekarang penuh tantangan dan kompleksitas. Untuk mencapai puncak sukses, begitu banyak aspek yang harus didalami dan dipelajari.

Jika kita ditanya, sebetulnya siapa itu entrepreneur? Maka, jawabannya adalah “mereka yang punya mimpi, dan mereka bertindak atas dasarnya”. Lalu, apa saja karakter positif yang wajib dimiliki seorang entrepreneur?

Dikutip dari situs Shopify dan studi profil terhadap beberapa penggunanya, ada lima sifat kepribadian entrepreneur yang sukses. Yuk, kenali satu per satu, kira-kira kamu golongan yang mana? 😀

1. The Firestarter

Karakter utama: Toleransi terhadap risiko

Kekuatan: Tekun, kompetitif, dan persuasif

Keahlian yang dikembangkan: Perencanaan

Sebagai seorang firestarter, mereka biasanya cenderung mampu merangkul risiko terlepas dari banyaknya kompetitor. Tipe ini juga sangat antusias melahirkan ide secara cepat tanpa terlalu mengkhawatirkan hasilnya.

2. The Trailblazer

Karakter utama: Passion

Kekuatan: Fleksbilitas, tegas, dan kreatif

Keahlian yang dikembangkan: Disiplin

Tipe yang satu ini, adalah mereka yang selalu mengikuti kata hatinya dalam mewujudkan ide-ide. Kesuksesan yang didapat kerap kali merupakan hasil dari otentisitasnya. Tak hanya sekedar menjual produk atau jasa, mereka adalah orang-orang yang meletakkan value dalam misinya dan membuat cerita agar brand mereka bisa menonjol. Konsumen mereka tak hanya sekedar membeli produk, tapi juga membeli visi misi mereka. Tak heran, tipe entrepreneur semacam ini, mampu menjadi influencer untuk brand-nya sendiri.

3. The Mountainer

Karakter utama: Visi

Kekuatan: Optimisme, motivasi, people skill

Keterampilan yang dikembangkan: Fleksibilitas

Para mountaineer adalah mereka yang bertindak saat ini dan didasarkan pada visi di masa depan. Bagi mereka, visi adalah aset, sehingga tipe satu ini selalu berupaya untuk memprediksi tren atau mengantisipasi hasil. Dengan kekuatan visi, sang owner mampu merekatkan kepentingan masing-masing individu dalam tim untuk memprioritaskan visi dan tujuan bersama/perusahaan.

4. The Cartographer

Karakter utama: Disiplin

Kekuatan: Perencanaan, motivasi diri, berpikir kritis

Keterampilan yang dikembangkan: toleransi risiko

Tipe yang satu ini, adalah mereka yang masih memiliki pekerjaan utama sembari mengerjakan usaha. Jadi, hal ini membutuhkan disiplin tingkat tinggi. Etika bekerja juga sangat memengaruhi kepercayaan orang lain.

 5. The Outsider

Karakter utama: Mandiri

Kekuatan: Atensi terhadap detil, ketahanan, dan etika kerja

Keterampilan yang dikembangkan: Kolaborasi

Salah satu tipe entrepreneur sejati adalah mandiri. Untuk tipe yang satu ini adalah mereka yang  lebih dominan sifat ketahanannya dengan memilih menjadi solo performer dibandingkan mencari-cari bantuan dari luar. Tak heran, jika mereka sangat bekerja keras mempelajari beragam aspek dalam organisasinya.

Makanya, tipe yang terlalu mandiri seperti ini kadang perlu mempertimbangkan opsi outsourcing untuk beberapa pekerjaan kritikal, agar tidak memakan banyak waktu si owner. Karena waktu jauh lebih berharga dari uang.

 

Sumber: Shopify

Leave a Reply

Your email address will not be published.