5 Serial TV Jadul yang Tak Terlupakan

Di tengah tontonan serial TV sekarang yang cenderung jauh dari membumi hehehe….bagi kita yang tumbuh di era tahun 1990-an sampai awal 2000-an, tentu masih merasakan menikmati beberapa serial TV Indonesia yang sangat kental dengan kisah-kisah menyentuh tentang nilai persahabatan dan keluarga.

Meski, era sinetron yang ceritanya monoton di masa itu juga tak kalah banyak, beberapa serial TV ini mampu membawa nilai tersendiri serta suasana hangat yang membuat para penonton setia-nya tidak pernah lupa bahkan hingga kini. Apa saja itu?

Si Doel Anak Sekolahan

si doel anak sekolahan

Siapa sih yang gak kenal serial TV satu ini? Dengan jumlah stasiun TV swasta yang relatif masih sedikit saat itu, Si Doel Anak Sekolahan selalu menjadi tayangan favorit yang ditunggu-tunggu pemirsanya. Si Doel yang mengambil setting berbeda dari kebanyakan sinetron pada umumnya, tergolong sukses dan langsung melejit popularitasnya di mana para pemain utama sinetron ini bisa dibayar hingga puluhan juta rupiah per episode di masa itu.

Tayang pertama kali tahun 1994 di stasiun RCTI, dan tamat pada tahun 2006 (stasiun Indosiar), sinetron ini dibintangi di antaranya oleh Rano Karno, Cornelia Agatha, Maudy Koesnaedi, Aminah Cendrakasih, Mandra, alm Benyamin S, alm Basuki.

Sahabat Pilihan

sahabat pilihan

Ini sinetron tahun berapa yah? Yang pasti ini ceritanya tentang dua sahabat yang menyambi kerja jadi loper koran bernama Ading dan Dado di sela kesibukan mereka bersekolah.

Dalam ceritanya, dikisahkan mereka selalu saling membantu dalam kondisi apa pun. Kalau si Ading ini badannya kurus, sementara si Dado badannya gemuk karena doyan makan (gak heran dulu kalau saya punya temen gemuk dipanggil-nya Dado 🙂

Ceritanya juga berjalan sangat alami ala problema anak SMP sehari-hari dengan banyak nilai moral yang bisa diambil seperti nilai persahabatan dan berbagi. Serial ini tayang di RCTI setiap minggu sore. Sayang agak sulit mendapat file serial tv satu ini, mungkin karena udah terlalu lama.

Keluarga Cemara

keluarga cemara

Serial TV satu ini sih happening banget yah :D. Buat yang sempat menonton di masa itu, ceritanya hangat banget ya. Berkisah tentang sebuah keluarga yang hidup penuh kesederhanaan, namun bahagia dan harmonis. Perjuangan si Abah yang mencari nafkah dengan menarik becak, dan si Ais (sulung) yang membantu ekonomi keluarga dengan berjualan opak sekaligus bijak menaungi dua adik perempuannya, menjadi salah satu kekuatan cerita ini. Begitu banyak nilai moral yang bisa dipetik, seperti kejujuran, dan kasih sayang sesama. Tayang pertama kali di RCTI tahun 1996 dan tamat pada tahun 2002.

 Olga Sepatu Roda

olga sepatu roda

Olga merupakan salah satu tokoh fiksi ciptaan Hilman Hariwijaya yang pertama kali muncul dalam bentuk novel dan pernah dimuat seri-nya di majalah Mode. Berkisah tentang seorang gadis SMA yang berasal dari keluarga menengah bernama Olga dan ia sangat gemar bersepatu roda.

Kesehariannya sebagai penyiar radio Ga Ga, kerap mewarnai hari-hari remaja-nya yang sangat dinamis. Suasana kocak pun diciptakan melalui tokoh lelaki Betawi bernama Somad yang suka pada Olga dan rela melakukan apa pun demi pujaan hatinya itu.

Cerita Olga ini pertama kali difilmkan pada tahun 1991 yang diperankan Desy Ratnasari dan tahun 1997-2002 kisahnya hadir berseri di layar kaca Indosiar, Olga diperankan berturut-turut oleh Sarah Sechan, Melly Manuhutu, dan Sissy Priscilia.

Lupus

lupus
Dok. cover Film Lupus 1987

Ini dia karya masterpiece dari Hilman Hariwijaya yang sangat mewakili anak muda di masa itu dan muncul dalam bentuk novel pertama kali. Mengambil setting lika liku kehidupan remaja, Lupus menjadi tokoh fiksi fenomenal yang tak terlupakan bagi pecintanya hingga kini, di mana novel seri pertama berjudul Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak tahun 1986 diterbitkan.

Berkisah tentang kehidupan pelajar SMA Merah Putih yang tampan dengan karakter easy going dan jahil, Lupus memiliki genk yang kompak seperti Boim, Gusur, Fifi alone dan lainnya, adik yang manja si Lulu dan pacar cantik si Poppy,

Ciri khas yang tak pernah dilupakan adalah rambut jambulnya dan permen karetnya yang selalu dikulum. Selain pelajar, Lupus juga menjadi seorang wartawan muda majalah Hai.

Tayang dalam sebuah film pertama kali tahun 1987, karakter Lupus diperankan alm Ryan Hidayat, dan hadir dalam serial TV (Indosiar) pertama kali sejak tahun 1995-2000 diperankan berturut-turut oleh Oki Sugawa, Rico Karindra, Irgy Fahrezi, dan Attar Syah.

*berbagai sumber/wikipedia

 

 

 

 

One thought on “5 Serial TV Jadul yang Tak Terlupakan

Leave a Reply

Your email address will not be published.