5 Selebriti Ini Sukses, Meski Menderita ‘Mental Disorder’

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Apa yang terbersit dalam benak anda ketika mendengar istilah “mental disorder’? Anda mungkin akan berpikir bahwa orang-orang yang menderita salah satu jenis penyakit psikis tersebut, tidak bisa berpikir normal, dan mengurus dirinya sendiri. Faktanya, begitu banyak tokoh terkenal di dunia ini yang mampu meraih sukses luar biasa, meski banyak pula orang di luar sana yang tak mampu mengendalikan penyakitnya tersebut, bahkan sampai bunuh diri.

Jika anda ingat sebuah film berjudul ‘A Beautiful Mind’ tahun 2001, ini terinspirasi kisah nyata mendiang John Nash seorang ilmuwan jenius di bidang matematika yang berhasil meraih penghargaan Nobel tahun 1994, meski seumur hidupnya harus berjuang keras melawan penyakit “schizophrenia”. Nah, berikut ini adalah sekelumit kisah para selebriti yang sempat mengungkapkan perjuangannya melawan gangguan mental tersebut di tengah upaya pencapaian puncak karir.

Howie Mendel (OCD)

Howie Mendel
Dok. allwomenstalk.com

Jika saja anda berkesempatan bertemu Howie Mendel di jalan, jangan coba-coba menjabat tangannya. Hal ini karena beberapa orang yang menderita fobia kuman, mempercayai jika berjabatan tangan dengan orang lain hanya akan memindahkan kuman dari satu tangan ke tangan lainnya, dan hal itu amat mengganggu. Dia pun sangat terbuka terhadap kondisi tersebut, bahkan ia menggunakan ketenarannya untuk menyosialisasikan salah satu gangguan mental tersebut.

OCD sendiri merupakan singkatan dari Obsessive-Compulsive Disorder yang merupakan salah satu gangguan mental selalu terus menerus memeriksa hal yang terjadi di sekelilingnya, bahkan sebagian penderita tak mampu mengontrol pikiran atau aktivitasnya sendiri. Ciri khasnya biasanya sering mencuci tangan, menghitung berulang-ulang, dan memeriksa pintu berulang kali apakah sudah terkunci.

Paula Deen (Depresi dan gelisah)

paula deen
Dok. allwomenstalk.com

Chef terkenal ini mengaku telah mengalami gangguan depresi dan kegelisahan sejak berusia 19 tahun. Menariknya, dengan ketakutannya pada tempat-tempat ramai justru malah membuat bakatnya berkembang menjadi pemasak andal. “Beberapa kali, aku pergi ke supermarket, namun tak bisa pergi terlalu jauh. Aku belajar memasak dengan bahan-bahan yang ada. Beberapa ide resep bahkan muncul dari eksperimen.”

Adam Levine (ADHD)

Adam Levine
Dok. allwomenstalk.com

Pentolan band Maroon 5 ini sangat terbuka dengan gangguan mental yang dialaminya. Ia sendiri bilang ADHD bukan jenis gangguan mental yang bisa terjadi pada anak-anak, namun bisa sangat mungkin menyerang siapa pun. Tentunya, hal itu akan membuat frustrasi ketika tak bisa berpikir dan beraktivitas normal seperti orang lainnya.

ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) sendiri merupakan, gangguan perkembangan dalam aktivitas motorik (biasanya menyerang anak-anak) sehingga menyebabkan penderitanya kerap bertindak tak lazim dan berlebihan. Cirinya, suka merasa gelisah, tidak bisa duduk diam, bahkan cenderung membuat keributan.

Sia (gangguan perasaan gelisah)

Sia
Dok. allwomentstalk.com

Jika anda melihat pertunjukan Sia, pasti anda kerap melihat pelantun lagu “Titanium” ini berupaya menyembunyikan wajahnya. Namun, jika anda berpikir dia sengaja membuat sensasi ala Lady Gaga, salah!

Dia melakukannya akibat gangguan kegelisahaan yang dialami. Setelah bergelut dengan depresi menghadapi masalah itu, akhirnya ia menemukan program 12 langkah yang membantunya untuk mengelola rasa gelisah lebih baik. Ia juga memaksimalkan kreativitasnya di dunia musik untuk menuliskan lagu bagi rekan-rekannya, seperti Rihanna dan Katy Perry. What a good work 🙂

Demi Lovato (bulimia)

Demi Lovato
Dok. allwomenstalk.com

Siapa sangka jika penyanyi muda dan cantik ini ternyata pernah mengalami bulimia atau gangguan makan sejak usia 8 tahun. Demi Lovato berkisah saat itu, tubuhnya gemuk dan kerap diledek teman-temannya, ia pun frustrasi dan membenci dirinya sendiri. Hingga, ia menyadari jika menjadi diri sendiri adalah hal terbaik dalam hidup. Untuk menumpahkan curahan hatinya, serta sebagai bentuk dukungan bagi orang-orang yang kerap di-bully, ia membawakan lagu berjudul “Skyscraper” yang menjadi single pertama album Unbroken tahun 2011.

Sumber: allwomenstalk.com

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.