5 Musisi Terkenal Ini Pernah Bangkrut

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Menjadi orang terkenal dan berlimpah harta ternyata tak selamanya membuat hidup seseorang selalu bahagia. Berbagai faktor dan latar belakang harus membuat orang-orang ini mengalami nasib miris, meski telah lama hidup dalam dunia gegap gempita.

Beberapa musisi ini pastinya sudah sangat anda kenal lewat lagu-lagu hits yang spektakuler sekaligus laris di pasaran pada masa-nya. Dengan jumlah uang berlimpah yang mampu dihasilkan saat itu, mestinya kondisi ekonomi mereka sudah lebih dari cukup, meski tak lagi aktif berkarya.

Tapi, tahukah anda bagaimana memprihatinkannya kondisi mereka setelah tak lagi berada pada masa keemasan. Berikut rangkumannya:

Michael Jackson

michael jackson
Dok. myfirstclasslife

Kita mungkin tak akan pernah lupa bagaimana kabar berita tentang kematian raja pop ini begitu menggemparkan dunia sejak 6 tahun lalu. Meski, Michael Jackson merupakan salah satu entertainer paling sukses sejagad dalam industri pop, gaya hidupnya yang super royal dengan menghabiskan banyak uang seperti tak ada hari esok, harus dibayar mahal menjelang kematiannya.

Aset Jackson yang paling fenomenal adalah sebuah taman bermain Neverland di AS yang bisa menelan biaya perawatan 10 juta dolar per tahun. Untuk tetap membuatnya eksis, Jackson harus mengambil pinjaman sangat besar terutama untuk biaya operasional. Sayangnya, ia tak mampu membayar seluruh tagihan, dan akhirnya harus meninggalkan utang sangat besar, bahkan sampai ia meninggal dunia.

Meat Loaf

meat loaf

Siapa tak kenal lagu ini,β€œI Would Do Anything For Love (But, I Won’t Do That) ? Meski, sudah cukup lawas, lagu ini nyatanya masih melekat di benak para pecinta musik balad hingga kini.

Meat Loaf adalah musisi di balik kesuksesan lagu yang memiliki durasi terpanjang 45 menit tersebut.

Tapi tahukah anda, jika Meat Loaf pernah mengalami masa sulit di tahun 1980-an, saat Meat Loaf mendapat bantuan dari kawannya Jim Steinman untuk menulis lagu tersebut?

Masalah pembagian royalty yang tak adil atas lagu tersebut membuat Steinman mengajukan gugatan melawan Meat Loaf, di sinilah sumber malapetaka bagi Meat Loaf terjadi. Ia mulai bangkrut, hingga perlahan ia mulai bangkit dari kondisi keterpurukannya itu.

Toni Braxton

tony braxton

Para fans musik era 1990-an pastinya tak lupa kepopuleran lagu β€œUnbreak My Heart” yang dibawakan Toni Braxton. Sayangnya, ia tak memiliki banyak koleksi lagu hits setelah kesuksesan lagu tersebut. Hal inilah yang menyebabkan dirinya mengalami pengeluaran berlebih, hingga mengalami kebangkrutan di tahun 2010 dan 2013.

Bagi sebagian besar kita, mengalami bangkrut adalah jika kita tak mampu segera mendapat rumah yang layak. Tapi bagi Braxton, bangkrut berarti anda bisa membeli rumah seharga 3 juta dolar, meski punya utang 50 juta dolar πŸ™‚

Courtney Love

courtney love

Mungkin banyak di antara anda yang mengenal Courtney Love sebagai penyanyi utama band Hole, sekaligus kekasih mendiang Kurt Cobain (vokalis Nirvana). Memang ada rumor beredar di kalangan fans Nirvana, bahwa Love adalah salah satu orang penyebab kematian Cobain.

Meski hal itu tak pernah terbukti dalam investigasi, tapi masih menjadi teori konspirasi hingga kini. Konspirasi yang awalnya timbul lantaran Love mendapat saham cukup besar atas katalog lagu-lagu Nirvana.

Setelah kematian Cobain, Love memang didera frustrasi hingga menghabiskan banyak uang dan terjerumus dalam obat-obat terlarang yang akhirnya menggiringnya pada kebangkrutan. Akibatnya, Love harus menjual rumah dan menjual sebagian saham katalog lagu-lagu Nirvana.

Whitney Houston

whitney houston

Satu lagi, penyanyi yang masuk jajaran pemilik album terlaris dunia (170 juta keping), Whitney Houston ternyata meninggalkan kisah miris setelah kematiannya yang kontroversial tahun 2012 lalu.

Mendiang bintang pop Whitney Houston ternyata hanya menyisakan sedikit tabungan di mana ia hanya memiliki 29 ribu dolar (sekitar Rp400 juta) di rekeningnya sedangkan, utangnya mencapai 4 juta dolar. Hal itu terungkap saat dia mengurus proses perceraiannya dengan Bobby Brown tahun 2007.

Pelantun lagu β€œI Will Always Love You” ini pernah mengungkapkan curahan hatinya saat menjadi bintang tamu di Oprah Winfrey Show, bahwa kepopulerannya tidak membuatnya bahagia, karena terkadang ia ingin hidup seperti orang biasa pada umumnya.

Hingga pasca kematiannya, terungkaplah bahwa Whitney ternyata seorang pecandu obat-obat terlarang yang disinyalir menjadi salah satu faktor kebangkrutannya.

*myfirstclasslife/berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.