5 Destinasi Alam Indonesia yang Belum Terjamah

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Kalau punya rencana liburan atau wisata alam ke luar kota, coba deh pasti yang selalu muncul di kepala, kalau gak Bali atau Lombok. Iya gak? 😀

Tanpa kita sadari, sebenarnya banyak juga lokasi wisata alam di Indonesia yang mungkin baru sekali ini kita dengar namanya, termasuk saya sendiri hehe, (kecuali traveler yah :D)…tapi punya daya tarik dan keindahan yang gak kalah menakjubkan dibanding lokasi-lokasi wisata yang lebih populer.

Beberapa sumber bahkan menyebutkan, jika lokasi-lokasi wisata alam ini belum banyak terjamah wisatawan. Beberapa faktor di antaranya memang karena lokasinya yang cukup jauh dan lama ditempuh serta cenderung terisolasi.

Namun, untuk beberapa lokasi ini, memang sudah cukup banyak agen perjalanan wisata yang bisa membantu akomodasi anda selama di sana, meski harus mengeluarkan kocek lebih dalam. Tapi, tentu semua itu gak ada artinya, ketika anda sudah menginjakkan kaki di tempat-tempat super indah ini.

Makanya, setelah melihat tayangan di tv dan ulasan di beberapa media, duh, rasanya mupeng banget deh, pengen segera escape 🙂 Tempat-tempat ini mestinya jadi daftar wajib dikunjungi…………

 

Hutan hujan tropis Meru Betiri, Jember

Meru Beitiri
Dok. Triptus.com
Meru Betiri
Dok. Kompas.com

 

Mungkin gak banyak di antara kita yang tahu tentang keindahan Meru Betiri, sebuah hutan tropis dengan pemandangan spektakuler berupa hamparan pantai indah dan teluk hijau, belum lagi dengan berbagai keanekaragaman satwa liar di sana. Kawasan Taman Nasional Meru Betiri sendiri terletak di Kabupaten Jember dan Banyuwangi Jawa Timur. Menuju ke lokasi ini, memang agaknya membutuhkan stamina fisik yang kuat, karena lokasinya yang terpencil. Anda pun dapat mengaksesnya baik lewat Banyuwangi maupun Jember.

 

Pantai Ora, Maluku

pantai ora
Dok.Indonesia.travel
pantai ora
Dok.tukangjalan.com

Hmmm, lokasi alam yang satu ini memang jadi surganya para pecinta pantai. Bahkan, beberapa pihak kerap menyandingkan keindahan Pantai Ora dengan lokasi-lokasi pantai berkelas dunia. Jika anda baru menikah dan ingin berbulan madu, konon destinasi ini bisa menawarkan sensasi romantis layaknya Pulau Maladewa dengan ciri khas rumah-rumah terapungnya di atas air kehijauan nan super bening.

Terletak di sebuah desa bernama Saleman, di Pulau Seram, Maluku Tengah, perjalanan memang cukup panjang ditempuh ke lokasi ini, setelah tiba di kota Ambon. Anda bisa terima beres dengan menggunakan jasa agen perjalanan wisata. Siap-siap pula untuk merogoh kocek sekitar Rp4-6 juta untuk biaya akomodasi selama 3-4 hari per orang.

 

Pulau Bawah Anambas, Riau

pulau bawah anambas
Dok. jalajalanyuk.com

Kalau anda sudah berbangga bisa mengunjungi Halong Bay di Vietnam, berarti anda wajib juga datang ke Pulau eksotis satu ini. Terletak di desa Kiabu, Kecamatan Siantan Selatan, Kepulauan Anambas, Provinsi Riau, Anambas disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Indonesia Barat.

Media internasional CNN pun menempatkan keelokan Pulau ini dalam urutan teratas dari beberapa pulau tropis di Asia, seperti Koh Chang (Thailand), Halong Bay (Vietnam), dan Langwaki (Malaysia) tahun 2013 lalu. Hanya saja, melihat rute yang harus dilalui, pastinya membutuhkan perjuangan ke destinasi ini, dari segi waktu, tenaga, dan pastinya anggaran hehe….

Tapi bagi anda pecinta diving dan snorkeling, sudah tentu lokasi ini sangat bisa menjadi pilihan favorit berikutnya 🙂
Bagi anda yang ingin wisata ke Pulau Bawah, disarankan untuk datang antara bulan Maret-Juli setiap tahunnya, karena jika sudah masuk Musim Utara, lokasi semakin sulit dijangkau akibat besarnya ombak laut.

 

Pantai Papuma, Jember

pantai papuma
Dok. Bromotravelguide.co

Gak pernah kepikiran di saya, kalau Jember ternyata punya pantai seindah ini 🙂 Terletak di desa Suberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Pantai Papuma ini kerap dibandingkan keindahannya dengan obyek wisata Tanah Lot, Bali.

Tak hanya pantai, di sana pun juga ada bukit dan hutan kelolaan Perhutani Jawa Timur, serta wisata sejarah, seperti Gua Jepang. Akses menuju destinasi wisata ini juga cukup baik karena sudah aspal, bisa menggunakan mobil atau motor.

Bagi anda yang ingin bermalam di sekitar Pantai Papuma, Perhutani sebagai pengelola wisata, telah menyediakan pondok dengan harga antara Rp150-450 ribu/malam tergantung fasilitas. Ada pula, hotel di dekat kota Jember, dengan tarif lebih murah yakni, Rp70-100 ribu per kamar/malam tanpa AC atau Rp120 ribu ke atas dengan AC.

 

Air terjun Madakaripura, Probolinggo

madakaripura
Dok.tempatwisataid.com

Satu lagi, obyek wisata di Jawa Timur yang tak kalah menarik, yakni air terjun Madakaripura terletak di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Ini merupakan air terjun setinggi 200 meter yang menjadi air terjun tertinggi di Pulau Jawa, dan tertinggi kedua di Indonesia. Berbentuk sebuah ceruk dan dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya, tentunya membawa suasana sejuk bagi mata dan pikiran yang tak terhingga 🙂

Akses ke lokasi ini bisa ditempuh dari Probolinggo menuju Tongas dengan menggunakan bus menuju lokasi. Sayangnya, kondisi jalan dari Tongas ke arah wisata air terjun kurang baik, namun mata anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah. Lantaran menjadi bagian lokasi dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, selepas menikmati Madakaripura, anda pun bisa melanjutkan perjalanan ke Gunung Bromo.

Selamat memilih 🙂
*berbagai sumber/kompas.com/sindonews/duabiji.com/wikipedia

3 thoughts on “5 Destinasi Alam Indonesia yang Belum Terjamah

  1. Tambahan nih, Destinasi alam indonesia yang belum terjamah. Curug Pengantin di Kabupaten Banyumas, di kaki gunung slamet jawa tengah :))

Leave a Reply

Your email address will not be published.