5 Cerita Sosok Ini Bakal Membuat Anda Berpikir Lagi untuk Menyerah

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

“Jangan menyerah” mungkin menjadi salah satu kalimat klise yang kerap anda dengar ketika ingin mengejar mimpi anda. Namun, di balik kalimat klise yang terkesan membosankan ini, justru anda tidak akan pernah tahu  kapan sukses akan benar-benar datang, mungkin saja di tahapan yang tinggal sedikit lagi.

Nama-nama tokoh ini jelas tidak asing bagi kita semua, namun tahukah anda cerita memilukan di balik nama besar mereka sekarang. Di masa lalu mereka, mungkin ada yang hidupnya tidak seberuntung kita saat ini di mana, ada yang terpaksa hidup di dalam mobil karena tidak punya tempat tinggal, serta beragam penolakan demi penolakan yang harus mereka hadapi.

Yuk, simak ceritanya

1. J.K. Rowling

JK Rowling

Siapa tak tahu Harry Potter? Ya, J.K Rowling adalah orang di balik kesuksesan cerita tokoh fiksi tersebut. Namun, tahukah anda setelah perceraiannya di tahun 1994, ia sempat berada di bawah naungan pemerintah, lantaran ia tidak mampu memberi makan bayinya.

Peristiwa ini terjadi sebelum pada tiga tahun kemudian, ia merilis buku pertamanya Harry Potter, Harry Potter and The Philosopher’s Stone. Dalam masa penyelesaian bukunya, kondisi Rowling saat itu sangat miskin, ia bahkan tak mampu membeli komputer serta memfotokopi 90 ribu kata di novel itu. Ia kemudian mengetik secara manual tiap versi untuk dikirimkan ke penerbit.

Penolakan demi penolakan dari 12 penerbit ia terima, hingga akhirnya sebuah penerbit kecil di Inggris, Bloomsbury, memberinya kesempatan kedua setelah seorang anak 8 tahun CEO penerbit itu jatuh cinta pada cerita Harry Potter. Kini, J.K Rowling menjadi salah satu penulis dengan penjualan karya terbaik, dan bahkan kekayaannya bisa mencapai 25 miliar dolar.

2. Stephen King

stephen king
dok. firewire

Nama lainnya dalam dunia tulis menulis yang kita kenal sekarang adalah Stephen King. Siapa sangka di balik popularitasnya kini, ia juga pernah mengalami kebangkrutan di mana ia terus berjuang untuk menulis. King tinggal di sebuah kereta gandeng bersama istrinya yang juga penulis, mereka berdua mengerjakan banyak pekerjaan untuk membantu keuangan keluarga, sembari mengejar mimpi di dunia penulisan.

Namun, nasib baik nampaknya memang belum berpihak, King menerima begitu banyak surat penolakan. Ia menerima hingga 60 penolakan sebelum akhirnya ia mampu menjual cerita pertamanya, “The Glass Floor” seharga 35 dolar. Beberapa karyanya agak mengecewakan dalam angka penjualan, namun ia tak menyerah. Tak lama, Signet Books menandatangani hak buku bersampul tipis seharga 200 ribu-400 ribu dolar.

3. Tyler Perry

tyler perry
dok. dreamitalive

Penulis dan aktor Tyler Perry juga pernah mengalami masa kelam dan keras di masa kanak-kanaknya. Secara fisik, ia pernah mengalami pelecehan seksual, dikeluarkan dari sekolah, dan pernah mencoba bunuh diri sebanyak dua kali, pada saat umur belasan dan di usia 22 tahun. Di usianya yang ke 23, ia pindah ke Atlanta untuk bekerja, dan di sinilah ia mengawali karir panggungnya.

Tahun 1992, ia menulis, memproduseri, dan membintangi produksi teater pertamanya, I Know I’ve Been Changed, yang didasarkan pada pengalaman pribadinya. Perry mempertaruhkan seluruh tabungannya atas terselenggaranya pertunjukkan itu, dan sayangnya gagal menarik minat penonton, karena hanya 30 orang yang datang.

Perry tetap semangat berproduksi, bekerja lebih keras, terkadang kerap tertidur ke mobil. Enam tahun kemudian, Perry akhirnya mampu membuat pertunjukan yang super sukses. Sejak itu, karirnya terus meroket, sebagai sutradara, penulis, dan aktor. Majalah Forbes sempat menobatkan Perry sebagai pria dengan pendapatan tertinggi di dunia hiburan tahun 2011 lalu.

4. Kolonel (Harland) Sanders

kolonel harland sanders
dok.famouspeople

Sosok yang satu ini juga tidak kalah luar biasa. Siapa tidak kenal restoran waralaba cepat saji KFC? Siapa sangka jika pendirinya adalah seorang kolonel yang dipecat dari beragam pekerjaan sebelum akhirnya ia mulai memasak ayam goreng di pinggir jalan Shell Service tahun 1930, saat usianya menginjak ke 40.

Selama 10 tahun, ia terus menyempurnakan “resep rahasia” dan metode menggoreng untuk ayam gorengnya yang kian populer, lalu pindah ke lokasi lebih besar. Ayamnya, bahkan memperoleh pujian di media oleh ahli kuliner Duncan Hines.

Namun, sejak Komisi Perdagangan Antar Negara Bagian datang ke kota Kentucky, di mana restoran si kolonel berada di tahun 1950-an, seiring berkembangnya trafik jalan raya, ia pun dipaksa untuk menutup bisnisnya, dan akhirnya bangkrut.

Khawatir, bagaimana ia akan bertahan hidup selanjutnya, dengan pensiun bulanan 105 dolar, ia kemudian mencari restoran yang mau menerima waralaba resep rahasianya. Ia menginginkan sebuah nikel setiap ayam goreng yang laku terjual.

Di usianya yang tak muda lagi, sang kolonel terus berkeliling, tidur di dalam mobilnya, dan mengalami penolakan lebih dari 1000 kali, hingga akhirnya ia mampu menemukan mitra pertamanya.

5. Shania Twain

shania twain

Dengan popularitasnya di era 1990-an, penyanyi yang dikenal kerap membawakan lagu country, Shania Twain sebetulnya memulai karirnya lantaran persoalan kebutuhan hidup dibandingkan mengejar ambisi. Orang tuanya bercerai saat usianya masih 2 tahun, dan sejak itu, ia pun tak pernah menemui ayah kandungnya lagi. Ibu dan ayah tirinya saat itu, tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup, hingga akhirnya Twain memulai karir bernyanyinya di sebuah bar untuk mendapatkan uang tambahan saat usianya 8 tahun.

Ia selalu mengingatkan sang ibu, untuk membangunkannya, agar tidak telat saat pertunjukan. Sayangnya, saat usianya menginjak 21, ibu dan ayah tirinya tewas dalam sebuah tabrakan mengenaskan antara mobil dan truk angkutan di sebuah kawasan dataran tinggi.

Twain sempat mengundurkan diri sementara dari dunia hiburan untuk merawat tiga saudara kandungnya (yang masih berusia belasan tahun saat itu).  Ia bernyanyi di sebuah kawasan wisata tempat peristirahatan dan mulai menapaki karir bernyanyinya perlahan, hingga saudara kandungnya cukup mampu merawat diri sendiri. Kini, tidak ada yang tak mengenal sosok Shania Twain sebagai salah satu super star  blantika musik dunia.

Dok. themuse

Leave a Reply

Your email address will not be published.