5 Cara Menghasilkan Uang Tambahan bagi Ibu Muda

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun
mysteri shopper
Menjadi mysteri shopper seru juga lhoo…

Bagi wanita, menikah dan memiliki anak merupakan momentum yang pastinya selalu istimewa. Namun, menjadi seorang ibu muda, tentu bukan hal yang mudah jika anda terbiasa disibukkan dengan beragam aktivitas di mana anda bisa menikmati hasil jerih payah tersebut. Terkadang, pilihan untuk berhenti bekerja penuh waktu kerap diambil agar kegiatan mengurus keluarga tidak banyak terganggu.

Jika anda salah satu ibu muda yang lebih sibuk mengurus keluarga, maka tidak perlu khawatir, karena begitu banyak pilihan bagi anda untuk tetap bisa menghasilkan uang tambahan. Tidak hanya bergantung pada suami, anda juga bisa turut membantu keuangan keluarga. Apa saja tipe pilihan yang bisa anda kerjakan dengan waktu lebih fleksibel; Simak ulasannya berikut ini;

Dropship produk eBay

“Ketika orang berpikir untuk menghasilkan uang di situs marketplace dunia eBay, ada sebagian yang berpikir untuk menjualkan beberapa produk terbatas dari eBay di garasi rumah, “kata Media Relations Manager Doubledot Media Nisa Schimizt yang menawarkan dropshipping eBay.

Cerdasnya teknik berjualan dropshipping adalah anda tidak perlu menangani produksi barang dan pengiriman. Schmitz menjelaskan, setelah anda mampu menjual, perusahaan akan mengirim produk secara langsung kepada pelanggan atas nama anda, dan anda pun mendapat persentase keuntungan dari penjualan itu.

SaleHoo, merupakan direktori online yang terdiri dari 8000 pemasok yang telah terpercaya (seperti Gap dan Playskool), menawarkan siapa pun yang tertarik menjadi “middleman” di eBay atau penjual barang terbatas di eBay.

Menyewakan kendaraan pribadi

Anda punya aset kendaraan mobil atau motor yang tidak setiap hari dipakai? Dengan konsep “sharing economy” yang begitu populer di zaman sekarang, serta bermunculannya perusahaan transportasi berbasis aplikasi, tentunya anda bisa menyewakan kendaraan pribadi anda untuk menghasilkan uang tambahan.

Menjadi pembelanja misterius

Istilah tukang belanja misterius alias mystery shopper, memang sudah tidak asing lagi dalam dunia ritel. Tukang belanja misterius biasanya merupakan orang yang disewa oleh pemilik usaha untuk melihat sejauh mana pelayanan dan standar prosedur operasional di sebuah toko ritel atau restoran bekerja, lalu melaporkan hasil pengamatannya. Salah satu kelebihan menjadi mystery shopper adalah anda bekerja dengan jadwal fleksibel tanpa harus melakukan pekerjaan reguler.

Pelaku mystery shopper yang bisa mengantong 100 dolar per minggu Sue De La Bruere mengakui, meski hanya proyek sampingan, pekerjaan ini tetap membutuhkan komitmen penuh. Bahkan, saat ini ia bisa mendirikan perusahaan untuk penyedia jasa mystery shopper bagi para pelaku usaha, khususnya ritel.

Memulai pemasaran afilasi (affiliate marketing)

Bisnis akan selalu mencari pelanggan baru, maka tak heran semua jenis usaha dari mulai Amazon hingga Starbucks, selalu mencari afilasi untuk membantu memperluas jaringan pemasaran dan penjualan mereka,”kata Jennifer Martin, seorang pelatih bisnis di San Fransisco.

Cara kerja sistem afiliasi adalah dengan menyediakan kode unik URL untuk setiap orang afiliasi, dan para afiliasi ini akan memasarkan produk atau jasa perusahaan kepada calon pelanggan potensial. Setiap produk atau jasa yang laku terjual, si afiliasi akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan di awal. Beberapa perusahaan yang biasa menawarkan sistem afiliasi, termasuk di Indonesia di antaranya, e-commerce ritel , penyedia jasa hosting, serta penyedia jasa informasi travel.

Menjadi tenaga peneliti freelance

Wah, menjadi peneliti? Pasti yang terbayang dalam benak anda “kerjaan berat”. Salah, menjadi salah satu tenaga peneliti di sini, adalah anda menjadi moderator dalam sebuah kegiatan penelItian pemasaran berupa Focus Group Discussion (FGD).

Metode FGD ini banyak digunakan oleh konsultan riset pemasaran untuk menggali lebih dalam pandangan calon konsumen terhadap produk atau jasa sebuah perusahaan.

Saat menjadi moderator FGD, anda bertugas untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun oleh tim sebelumnya, kepada para partisipan dalam grup tersebut.

Sebagai contoh, ada sebuah perusahaan yang membayar Martin (tenaga freelance) 250 dolar untuk menghabiskan waktu mengobrol dengan 3 orang tentang makanan kecil dan merasakan beberapa kue produk si perusahaan itu.

 


*berbagai sumber

 

Baca juga: 5 Cara Menghasilkan Uang Saat Menganggur

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.