4 Tipe Bahan Kulit yang Digunakan pada Tas

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Tas berbahan kulit asli selalu dinilai sebagai produk berkualitas tinggi. Sayangnya, ada yang kurang tepat dalam pernyataan itu, bahwa tidak semua tas berbahan kulit itu berkualitas tinggi, meski sama-sama mengandung kulit.

Faktanya, ada banyak jenis kulit yang digunakan dalam pembuatan sebuah tas, di mana memiliki tingkat kualitas yang tentunya berbeda-beda.

Bagi anda pecinta tas kulit, tentu penting sekali mengetahui perbedaan dari masing-masing bahan kulit sebelum anda membeli tas. Dengan demikian, anda pun bisa mengambil keputusan dengan tepat dan mendapatkan nilai yang sesuai dengan uang yang anda keluarkan.

Kulit sapi cowhide

Kulit cowhide adalah tipe kulit yang orisinil berasal dari kulit sapi (genuine leather). Ada banyak produk yang terbuat dari kulit cowhide, seperti furnitur, kursi mobil, item fesyen mewah. Kulit jenis ini adalah tipe yang paling premium, dan tentu saja jadi bahan tas kulit terbaik.

Jenis kulit ini sangat tahan lama dan memberi kesan mewah tersendiri. Tekstur dari kulitnya sangat bisa dikenali dan anda pun bisa merasakan kekasaran bahannya dengan mudah. Brand fesyen mewah, seperti Louis Vuitton, Prada, dan Gucci  menggunakan tipe kulit ini untuk produk mereka.

Kulit kambing (lambskin)

kulit kambing
dok. townsedleather

Selain sapi, kambing adalah hewan yang kulitnya juga sering dimanfaatkan untuk pembuatan produk aksesoris fesyen. Namun, kambing memiliki jenis kulit yang lebih tipis dibanding sapi, maka item fesyen yang biasanya lebih kecil.

Banyak orang menyukai kulit kambing karena kelembutan teksturnya. Namun, item yang terbuat dari kulit kambing ini biasanya lebih mudah tergores dan rusak dibanding yang berbahan kulit sapi. Maka, kulit kambing bukanlah pilihan baik untuk material tas.

Kulit perca (patch)

kulit perca
dok. dreamstime

Kulit patch (patch leather) adalah gabungan dari jenis kulit sapi dan kambing. Tipe kulit ini terbuat dari banyak potongan-potongan kulit. Tentu saja, harganya lebih terjangkau dibanding tipe kulit sebelumnya. Namun, tipe kulit ini juga bisa memiliki kualitas hampir sama dengan tipe kulit sapi. Meski begitu, tipe ini bukan pilihan umum yang digunakan untuk bahan baku tas.

Kulit sintetis (faux leather)

kulit sintetis
dok, inecreative

Anda mungkin sering mendengar istilah faux leather atau biasa disebut kulit sintetis?

Yup, sebenarnya ini bukanlah termasuk golongan bahan kulit, namun banyak item aksesoris, seperti tas, sepatu, dompet, ikat pinggang, terbuat dari bahan ini. Tampilannya pun terkadang hampir tak bisa dibedakan dengan item aksesoris yang terbuat dari kulit asli.

Jenis kulit sintetis pun memiliki bermacam tipe, dari mulai yang kualitas rendah hingga premium. Memang ada beberapa keuntungan menggunakan kulit sintetis, di antaranya sebagai alternatif pengganti kulit sapi, warna yang lebih variatif dan pastinya harga yang lebih terjangkau.

Nah, buat anda yang mau berburu bahan-bahan kulit baik asli atau sintetis, bisa mampir ke ruko harco mangga dua. Di dalam satu areal tersebut, anda akan menemukan banyak toko yang menjual aneka bahan kulit untuk pembuatan tas, aksesoris baik yang dijual eceran maupun grosir.

Sumber: allaboutbags

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.