4 Cara Menghasilkan Uang lewat Instagram

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

uang

Dengan lebih dari 300 juta pengguna yang membagikan lebih dari 70 juta foto dan video setiap harinya per 2015 tahun lalu, tentu tidak mengejutkan seberapa besar potensi bisnis di aplikasi Instagram.

Bahkan, banyak di antara mereka bukanlah selebriti terkenal, melainkan hanya orang biasa yang tetap persisten mengunggah konten dan berinteraksi sambil membangun jumlah pengikut dari waktu ke waktu.

Jika anda menyukai berinteraksi di Instagram, bahkan memiliki jumlah pengikut yang lumayan banyak, atau sedang membangunnya, maka tak ada alasan untuk tidak memulai menghasilkan uang dari platform yang telah diakuisisi jejaring sosial Facebook ini.

Nyatanya, begitu banyak jalan untuk menghasilkan uang, mungkin terlihat “mudah” pada awalnya, namun anda harus tetap menanamkan pola pikir bahwa strategi mendapat uang secara online memerlukan waktu dan kerja keras, sebelum anda menuai hasilnya.

Berikut adalah beberapa pilihan jika anda ingin menghasilkan uang lewat Instagram lebih cepat, jika anda punya konten bagus, relevan dan otentik sekaligus pengikut yang banyak;

Jual foto Instagram ke brand yang ingin menggunakannya

Jika anda suka mengambil foto kualitas tinggi dengan ponsel pintar, maka anda bisa pertimbangkan untuk melisensikan foto tersebut pada perusahaan yang ingin menggunakannya untuk pengembangan brand mereka.

Foap, merupakan marketplace fotografi online yang memungkinkan anda menjual foto karya sendiri. Anda bisa mendaftar secara gratis, buat profil, dan mulailah membangun portofolio untuk menarik peminat. Pembayaran biasa dilakukan lewat Paypal.

Dapatkan komisi dari menjual produk perusahaan lain

Menjualkan produk dan jasa perusahaan lain serta mendapatkan calon prospek untuk mereka, adalah cara lainnya untuk menghasilkan uang di Instagram. Peerfly adalah salah satu jejaring afiliasi populer yang memungkinkan anda melakukannya, hanya perlu mendaftarkan diri secara gratis. Setelah itu, anda perlu menunggu sesaat untuk mendapat persetujuan dari Peerfly.

Ketika disetujui, anda bisa berselancar dan mencari penawaran promosi mereka. Anda pun bisa menyaring penawaran untuk dipromosikan berdasarkan jumlah bayaran, penghasilan (earning) per klik (EPC), atau Click through rate (CR).

Anda hanya perlu mempromosikan penawaran dengan meng-copy link Url unik ke bio akun Instagram. Ketika pengikut atau pengguna Instagram lainnya mengklik link url tersebut, maka anda bisa mendapat komisi jika mereka masuk ke informasi personal atau membeli sesuatu.

Dapatkan pelanggan email dan giring mereka ke link afiliasi

Jika anda cukup baik melakukan teknik afiliasi atau CPA, seperti Peerfly, anda mungkin ingin mempertimbangkan membangun prospek dengan mengumpulkan daftar email mereka. Mailchimp merupakan jasa yang bisa mengumpulkan hingga 2000 alamat email dengan gratis.

Anda juga bisa membuat konten email dan jadwal pengiriman kepada para pelanggan, di mana anda bisa menggiring mereka untuk membeli sesuatu lewat link afiliasi atau bahkan menjual produk anda sendiri.

Melalui Mailchimp, anda bisa membuat form landing page dan templat email sesuai selera. Ketika anda sudah memiliki landing page, anda pun bisa meng-copy link urlnya di bio Instagram.

Berkolaborasi dengan para sponsor

Taktik lainnya bagi anda yang memiliki jumlah pengikut dan interaksi yang banyak, mungkin anda bisa mencoba berkolaborasi dengan perusahaan untuk mempromosikan brand mereka atau endorsement. Anda bisa berhubungan dengan perusahaan-perusahaan melalui agensi kreatif, seperti The Mobile Media Lab, yang fokus menyediakan selebgram sekaligus pengiklan. Di Indonesia, ada juga penyedia jasa serupa, bernama Avenu yang fokus pada manajemen kreator konten untuk mempromosikan sebuah brand atau perusahaan.

Baca juga: 5 Cara Efektif Promosi Produk di Instagram

Instagram sangat terbuka untuk berbagai peluang, terutama pemilik bisnis dan pengusaha di seluruh dunia.  Entah anda masih menjadi seorang pelajar, atau pun CEO perusahaan internasional, yang sedang mencari sosok berpengaruh untuk mengembangkan brand dan menggapai audiens yang baru, Instagram dapat melakukannya untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.