4 Alasan Kenapa Toko Online Kamu Butuh Blog

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Salah satu alasan mengapa banyak pemilik toko online enggan memiliki website atau blog adalah karena malas mengelola dan mengoptimasinya. Memang, rata-rata pebisnis online sudah cukup disibukkan dengan berbagai hal, seperti produk, karyawan, media sosial, atau permintaan khusus pelanggan. Tak heran, jika mengurus blog adalah hal yang tak terlalu dipertimbangkan. Padahal, memiliki blog punya banyak manfaat untuk bisnis.

Misalnya saja, kisah nyata kang Jajang yang sudah bergabung di SB1M sejak tahun 2014 ini, akhirnya menggeluti bisnis kopi hijau berkat salah satu artikelnya yang ditulis di blog. Bahkan, dengan melakukan optimasi menggunakan Google Adwords, omsetnya pernah menembus Rp 300 juta dalam sebulan dari kopi hijau saja.

toko online
sumber: sb1m

“Jadi waktu itu kan saya buat website untuk jualan smart detox (pilot project dari sb1m), terus saya isi-isi artikel, salah satunya bahas tentang manfaat kopi hijau buat langsing. Dari situ, mulai ada yang nanya2 tentang kopi hijau. Padahal saya juga gak ngerti tuh tentang kopi hijau. Tapi kok makin banyak pertanyaan masuk ke hp. Sy cari-cari tahu tentang kopi hijau, kenapa peminatnya banyak dan akhirnya meneruskan usaha ini,”katanya dalam sebuah sesi kelas Sb1m di Jakarta.

See ya? Dengan membuat konten yang baik, sebuah blog mampu menarik trafik organik dari mesin pencari. Tak cuma itu, blog juga bisa menciptakan hubungan kepercayaan dengan para pembaca yang berpotensi menjadi konsumen. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sebuah blog penting bagi kemajuan bisnis:

1. Menjadi rumah permanen untuk setiap cerita

Seperti yang sudah-sudah, media sosial kerap datang dan pergi. Di pertengahan 2000-an, mungkin kita kenal Friendster, Multiply, Myspace, tapi kemana mereka sekarang?

Ya, meski kita tidak berharap Facebook atau Instagram mengalami nasib sama, namun hanya mengandalkan media sosial atau marketplace untuk bisnis tentu tak lepas dari risiko. Sedangkan, blog bisa menjadi tempat yang berpotensi untuk meningkatkan pelanggan baru.

Misalnya, sekarang kamu aktif jualan di Tokopedia, besok-besok kita nggak pernah tahu kan, mereka mau bikin perubahan apa yang bisa memengaruhi performa bisnis kita,

Salah satu terobosan yang cukup mengejutkan tapi sudah diduga adalah langkah Berrybenka yang akhirnya fokus menjual label sendiri mulai tahun ini. Padahal, dulu mereka dikenal sebagai platform yang membawahi banyak brand lokal untuk memasarkan produk fashion. Kalau sudah begitu, apa jadinya jika kita tidak punya rumah sendiri?

2. Membangun kepercayaan

Dengan sering membagi informasi bermanfaat, maka kamu pun akan mendapat nilai tinggi dari pelanggan hingga bisa terbangun hubungan yang berarti dibanding sekedar hubungan transaksional. Misalnya kamu punya bisnis perhiasan handmade, mungkin kamu bisa membuat konten tips cara membersihkan atau cara menaruh dengan benar. Topik-topik yang berkaitan tersebut bisa diposting secara reguler.

3. Meningkatkan pencarian SEO

Sebagai mesin pencari paling populer di dunia, Google tentu selalu menjadi kawan baik bagi banyak orang untuk menemukan informasi berharga. Jika blog kamu bisa menyediakan informasi berharga, tentunya blog tersebut akan punya kesempatan bertengger di laman pertama Google sehingga membantu kenaikan trafik situs. Kamu bisa meriset kata-kata kunci yang berhubungan dengan bisnis yang digeluti sekaligus paling banyak dicari orang lewat keyword planner tools. 

4. Memudahkan pelacakan pengunjung

Keuntungan lain yang jarang diperhitungkan orang adalah sebuah blog atau situs bisa menjadi alat yang powerful untuk menelusuri siapa, laman paling banyak dibuka para pengunjung, serta tingkat bounce rate dengan memasang Google Analytics. Lalu buat apa data-data itu? Ya, tentu saja bisa dipakai untuk bahan pertimbangan saat beriklan.

Begitu juga, jika kamu memanfaatkan media sosial untuk beriklan, misalnya Facebook, maka kamu bisa memasangkan kode pixel di situs agar lebih mudah melacak dan menganalisis performa iklan. Ya, riset menjadi aktivitas wajib bagi para pemasar jika tidak ingin membuang uang, waktu, dan tenaga lebih banyak.

Gimana udah siap punya blog sendiri? 🙂

Baca juga: 5 Ide Postingan Blog untuk Kembangkan Bisnis

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.