3 Hal yang Wajib Anda Tahu Sebelum Berjualan di Amazon

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Amazon merupakan marketplace online terbesar dunia dengan 183 juta pembelanja setiap bulannya. Bukan hal baru, jika marketplace ini mampu menghasilkan para jutawan bahkan milyarder baru belakangan terakhir dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi internet sejak awal tahun 2000-an.

Salah satunya adalah Lindsay Windham dan Nate Justiss dengan bisnis produk-produk aksesoris kulit (brand Distil Union) dan berhasil menjadikan bisnisnya bernilai 2 juta dolar dengan menjadi salah satu penjual di Amazon. Sejak tahun 2011, pasangan ini mulai menciptakan produk-produk berbahan kulit yang berbasis di Charlestone, South Caroline, AS.

Di Indonesia, kita mengenal Habibie Afsyah di mana karir pertamanya sebagai internet marketer berawal dari Amazon. Meskipun ia tidak memiliki produk sendiri, namun penghasilannya saat menjadi affiliate marketer situs Amazon di akhir tahun 2000-an, di mana ia adalah penderita kelainan Muscular Dystrophy tipe Becker ini patut diacungi jempol.

Hingga kini, Habibie pun terus mengembangkan diri di bidang pemasaran internet dengan membangun beberapa situs untuk menjual produk dan jasa di mana penghasilannya sudah campuran antara rupiah dan dolar

Amazon menjadi salah satu marketplace besar bagi para pemilik bisnis untuk melebarkan sayap dan menaikkan penjualan dan basis pelanggan ke seluruh dunia. Untuk memastikan produk anda bisa sukses di Amazon, cek dulu beberapa hal yang mesti anda ketahui;

Apa itu buy box?

amazon

Ini adalah teknik dasar berjualan di Amazon. Ketika browsing di Amazon, pengunjung akan diarahkan ke halaman produk utama “offers” link di bawah deskripsi produk (indikasi gambar lingkaran merah pada gambar di atas) untuk melihat seberapa banyak para penjual dengan produk sama.

amazon

Maka itu, Amazon juga memberi fasilitas para merchant/penjual untuk bersaing dengan “buy box” (sebuah tombol berwarna kuning). Di tombol inilah konversi pembelian bisa terjadi atau tidak, jadi penting untuk mengetahui cara kerjanya.

Bagaimana Amazon menentukan siapa yang bisa memenangkan buy box dan daftar penawaran merchant?

Karena faktor kunci platform Amazon adalah penjual yang banyak dapat menawarkan produk sama, maka untuk menjadi penjual utama yang memenangkan buy box memang sangat sulit. Meski, anda tidak pernah mendapat daftar buy box, tetap penting bagi anda untuk mengetahui cara kerjanya.

Beberapa faktor yang menentukan merchant bisa tampil dalam daftar penawaran, di antaranya;

Harga kompetitif: Ini tidak hanya terkait harga produk, namun ongkos kirim. Banyak pengunjung berharap melihat harga rendah saat browsing di Amazon.

Penawaran kompetitif: Secara umum, makin banyak penjual di sana, makin sulit untuk masuk daftar penjual teratas

Seberapa banyak histori penjualan; Merchant yang memiliki histori penjualan positif memiliki kesempatan mendapat posisi teratas.

Berapa banyak review merchant yang dimiliki; review online memiliki dampak besar untuk mendongkrak penjualan

Tipe merchant seperti apa yang mendapat keuntungan dari Amazon?

Tipe penjual seperti di bawah cenderung memiliki performa baik di Amazon;

*Penjual yang menawarkan produk unik (misalnya perusahaan yang memproduksi atau mendesain produk sendiri)

*Penjual yang menawarkan produk atau hobi khusus (niche)

*Penjual yang menawarkan produk daur ulang; Amazon memiliki pangsa besar untuk jenis produk ini, karena mampu memikat calon konsumen yang fokus pada harga dan tidak keberatan menunggu waktu pengiriman.

 

Ketika memutuskan ingin berjualan di Amazon, pastikan anda tahu bisnis anda, dan tahu apa yang akan anda dapatkan di sana. Dengan integrasi Amazon yang baru, tentunya banyak peluang baru tercipta. Namun, dengan melakukan pekerjaan rumah dan fokus pada “kebutuhan” bisnis anda maka akan mudah bagi anda mencapai level berikutnya.

Ingin belajar lebih dalam seputar cara berjualan di Amazon, eBay, atau teknik pemasaran internet lainnya, baca ini Sekolah Bisnis Online Terbesar di Indonesia

2 thoughts on “3 Hal yang Wajib Anda Tahu Sebelum Berjualan di Amazon

    1. Gak kok, di beberapa kota besar spt surabaya, bandung, yogya,solo udah ada komunitasnya juga dan sering ada pertemuan rutin secara offline dgn sesama membernya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.